Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Nikmati Kesuksesan di Usia 30-an


0

"Memasuki ekonomi pasar bebas, setiap orang bisa menghasilkan banyak uang sebanyak yang mereka inginkan," ujar Steve Siebold, seorang self made millionaire yang juga telah melakukan studi kepada lebih dari 1200 orang terkaya di dunia. 

And it's never too early to start.

Melansir dari Independent.co.uk, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencapai kesuksesan finansial di usia muda.

1. Fokus

Sebelum sukses dan menjadi kaya, Grant Cardone mengalami kebangkrutan dan terlilit hutang pada usia relatif muda, 21 tahun. Namun, ia berhasil menjadi jutawan saat umurnya menginjak 30 tahun. 

Menurut Cardone, langkah pertama untuk mencapai kesuksesan finansial adalah dengan fokus dalam meningkatkan penghasilan secara bertahap dan terus mengulangnya hingga sukses.  

Penghasilan Cardone sebelumnya hanya 3.000 US dollar setiap bulannya, namun sembilan tahun setelahnya, ia memiliki penghasilan 20.000 US dollar per bulan. 

"Mulailah mengikuti uang, hal itu akan mendorong kamu untuk mengontrol pendapatan dan melihat kesempatan," jelasnya. 

Bekerja dan menghasilkan uang memang terdengar lebih mudah saat kita ucapkan, namun berat saat melakukannya. Bukan karena tidak menghasilkan, namun tidak semua orang yang bekerja lantas bisa sukses seperti yang lainnya. Yang pasti, setiap orang punya pilihan dan kesempatan untuk memulai. 

2. Bangun beberapa sumber pendapatan

Salah satu cara untuk menghasilkan uang lebih banyak adalah dengan menambah sumber aliran pendapatan kita.

Dalam penelitian selama 5 tahun yang dilakukan oleh Thomas C. Corley mengenai self-made millionare, dia menemukan bahwa banyak jutawan yang mengembangkan beberapa sumber pendapatan untuk menghasilkan banyak uang. Menurut penelitian tersebut, 65 persen dari para jutawan memiliki 3 sumber pendapatan, 45 persen memiliki empat sumber pendapatan, dan 29 persen dari para jutawan memiliki lebih dari lima sumber penghasilan. 

Sumber tambahan pendapatan mereka biasanya melalu penyewaan real estate, investasi pasar saham, dan kepemilikan sebagian saham sebagai bisnis sampingan.

Menurut Corley, dalam penelitian "Rich Habits" yang dilakukannya, memiliki tiga sumber penghasilan merupakan sebuah jumlah yang menakjubkan bagi seorang self-made jutawan. Namun akan lebih baik lagi jika kita memiliki lebih banyak sumber penghasilan. "Semakin banyak sumber aliran penghasilan yang bisa kamu ciptakan, semakin aman untuk keuangan," tulis Corley. 

3. Save to invest, don't save to save

"Satu-satunya alasan kita menyimpan uang adalah untuk menginvestasikannya," tulis Cardone.

Menurutnya, kita harus menyimpan uang yang kita miliki dalam sebuah akun yang aman, sebuah akun yang tidak bisa kita otak-atik sesuka hati kita kapanpun kita menginginkannya.

"Jangan pernah gunakan akun simpanan tersebut untuk hal apapun, bahkan untuk hal darurat sekalipun. Dengan melakukan ini akan memaksa kamu unuk melanjutkan langkah pertama (fokus menciptakan pendapatan). Sampai hari ini, setidaknya dua kali dalam setahun, saya bangkrut karena selalu menginvestasikan uang lebih yang saya miliki ke dalam sebuah venture yang tidak bisa saya akses,".

Kunci untuk bisa menyisihkan dan menyimpan uang secara konsisten adalah dengan membuatnya tertarik secara otomatis. Salah satu cara mudahnya, kamu bisa membuat sebuah rekening tabungan berjangka yang akan "memaksa" membuat kamu menyisihkan sebagian uang yang kamu miliki setiap bulannya, pada jangka waktu tertentu. 

Atau, jika kamu memiliki uang lebih yang sekiranya tidak akan kamu gunakan dalam beberapa waktu ke depan, kamu bisa mendepositokannya atau melakukan investasi di bidang lainnya agar uang tersebut bisa menghasilkan uang lagi yang bisa dijadikan sebagai sumber tambahan pendapatan. 

Dengan cara menyisihkan uang secara otomatis setiap bukannya, kita tidak akan pernah melihat uang yang akan menguntungkan tersebut. Karena tidak pernah melihat, tentu kita akan terbiasa hidup tanpa uang itu. Otomatis, kita tidak akan mengotak-atiknya. Jadi, uang tersebut akan aman sebagai investasi kita di masa depan. 

4. Don't show off — show up

"Saya tidak membeli jam tangan atau mobil mewah pertama saya hingga bisnis dan investasi milik saya menghasilkan berbagai arus aman pendapatan," tulis Cardone. 

Ia mengatakan, dirinya masih mengendarai Toyota Camry saat ia sudah menjadi seorang jutawan.

"Buatlah diri kamu dikenal karena etos kerja, bukan katena barang-barang yang kamu beli," tegas Cardone.

5. Ubah mindset kamu tentang uang

"Menjadi kaya dimulai dengan bagaimana cara kamu berpikir dan apa yang kamu percayai tentang menghasilkan uang," ucap Steve Siebold, seorang jutawan yang berhasil dengan usahanya sendiri.

Dia menegaskan, rahasia meraih kekayaan dan kesuksesan selalu sama, yaitu cara berpikir. "Ketika banyak orang percaya bahwa menjadi kaya adalah di luar kendali mereka, orang-orang kaya tahu bahwa menghasilkan uang merupakan merupakan an inside job.

6. Investasikan diri kita sendiri

"Investasi paling aman yang pernah saya buat adalah di masa depan," ungkap Tucker Hughes yang berhasil menjadi seorang jutawan di usia sangat muda, 22 tahun.

Menurutnya, salah satu cara untuk mendatangkan kesuksesan adalah dengan menjadikan diri kita sendiri sebagai "bahan" investasi. Kita bisa memulainya dengan membekali diri dengan berbagai keahlian dan ilmu pengetahuan yang bisa berguna di masa depan. 

Luangkan waktu untuk membaca setidaknya 30 menit setiap hari, dengarkan podcast yang berhubungan dengan bisnis, dan carilah mentor hebat yang penuh semangat. Kamu tidak hanya butuh menjadi seorang master di bidang yang kamu tekuni, tapi juga harus menjadi orang yang selalu mampu untuk berpendapat mengenai banyak hal seperti finansial, politik, ataupun olahraga.

"Konsumsi pengetahuan seperti kamu bernapas dan posisikan keinginan untuk belajar di atas segalanya," ucap Hughes.

Hal yang bisa kita lakukan untuk mendapat banyak pengetahuan salah satunya adalah dengan membaca. Tidak sedikit para pebisnis sukses saat ini adalah mereka yang memiliki kebiasaan hebat dalam membaca. Warren Buffet adalah salah satu contohnya. Salah satu orang paling kaya dan sukses di dunia itu menghabiskan 80 persen waktunya setiap hari dengan membaca. 

7. Tentukan tujuan

Uang tidak datang begitu saja, kamu harus bekerja untuk menghasilkannya.

Jika kamu ingin menghasilkan lebih banyak uang dari yang kamu miliki hari ini, kamu harus memiliki rencana jelas, lalu membuat rencana khusus untuk mencapai tujuan tersebut. 

Orang-orang kaya memilih untuk berkomitmen dalam menciptakan kekayaan mereka. Hal ini tentu membutuhkan fokus, keberanian, pengetahuan, dan banyak usaha. 

Menurut jutawan yang berhasil sukses dengan usaha sendiri, T. Harv Eker, kesuksesan sangat mungkin terwujud bagi mereka yang benar-benar memiliki tujuan dan visi yang jelas. 

"Alasan paling utama mengapa banyak orang tidak berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan adalah karena mereka tidak mengetahui apa yang sebenarnya keiginan mereka. Keinginan orang-orang kaya dan sukses sangat jelas, mereka menginginkan kekayaan." tegas T. Harv Eker.

8. Bergaul dengan orang-orang sukses 

"Surround yourself with only people who are going to lift you higher." —Oprah Winfrey.

Andrew Carnegie, tidak memiliki apapun sebelum akhirnya berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Amerika Serikat. Ia mencapai kesuksesan berkat prinsip yang ia pegang, the Master Mind.

Ide prinsip tersebut adalah untuk mengelilingi diri dengan orang-orang berbakat yang bisa berbagi ilmu. Karena berbagi pikiran, ilmu, pendapat hingga kreatifitas dengan berbagai orang lebih powerful daripada hanya dengan satu orang.

Mengapa kita harus mengelilingi diri dengan orang-orang smart, sukses, dan positif? Karena dengan berkumpul bersama mereka, kita akan menjadi seperti mereka. Itulah mengapa orang-orang kaya cenderung juga berkumpul bersama para orang kaya lainnya.

Menurut Siebold, mengetahui pikiran mereka yang lebih sukses dari kita dapat membantu mengubah pola pikir kita dan bisa membantu kita untuk lebih semangat dalam meningkatkan pendapatan. 

Kenyataannya, para jutawan atau orang-orang sukses, berpikir dengan cara berbeda dari orang lain pada umumnya. Dan berkumpul bersama mereka membuat kita bisa mengambil banyak hal penting dari mereka untuk kesuksesan di masa depan.

Melakukan beberapa tips diatas tidak lantas menjamin kita bisa menjadi jutawan, tetapi tidak ada salahnya kita mencoba menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak akan pernah tahu hasil yang akan kita dapat jika kita tidak berani mencoba. 

Lebih baik mencoba, gagal, dan belajar sesuatu daripada tak pernah mencoba dan tak pernah tahu apa-apa.

Selamat mencoba!

(***) 

Penulis: Putri Setiawati

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.    


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...