Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Ragam Misi Mulia dari Istri Orang Terkaya di Dunia


0

Menjadi seseorang yang dianugrahi kelebihan dalam hal finansial tentu merupakan suatu hal yang patut untuk disyukuri. Tidak hanya bagi mereka yang memiliki uang serta jabatan tinggi, bahkan untuk apa pun yang kita miliki sudah sepatutnya untuk selalu disyukuri dan berusaha mewujudkan hal positif dari apa yang telah kita miliki.

Bisa dibayangkan, bagaimana jika kita menjadi keluarga yang dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia, hal tersebut inilah dialami oleh seorang wanita bernama Melinda. Siapakah dia? Ia tak lain adalah istri dari pemilik perusahaan teknologi Microsoft, Bill Gates.

Yang luar biasa menarik, ketika sang suami berhasil menumpuk kekayaan dalam jumlah yang luar biasa fantastis, Melinda mengambil peran lain yakni untuk memanfaatkan kekayaan tersebut dalam upaya positif. Langkah yang ditempuh adalah dengan mendirikan sebuah yayasan yang diberi nama Bill and Melinda Gates Foundation.

Diinisiasi Berdua

Pada artikel sebelumnya mungkin rekan-rekan sudah membaca bahwa Bill Gates dinobatkan sebagai manusia terkaya di dunia yang ternyata juga mempunyai sisi filantropi tingkat tinggi. Bagaimana tidak, dana dalam jumlah yang luar biasa besar sudah ia gelontorkan untuk berbagai proyek sosial serta kemasyarakatan dalam berbagai bidang.

Dan salah satu “kran” yang digunakan untuk mengakomodir kegiatan sosial tersebut adalah yayasan yang ia dirikan bersama sang istri, Melinda Gates. Yayasan Bill and Melinda Gates Foundation yang berdiri sejak tahun 2000 tersebut, saat ini lebih banyak diurusi oleh sang istri.

Oleh karena itu jika ditilik dari sisi kesibukan, sebenarnya Melinda Gates juga termasuk memiliki kesibukan yang sangat padat. Tidak hanya jalankan peran sebagai seorang istri dan ibu dari 3 orang anak, iya juga aktif menjalankan beragam kegiatan yang berhubungan dengan yayasan sosial.

Kegiatan Pengumpulan Data

Mengenai pencapaian yang sudah berhasil ditorehkan yayasan sosial milik keluarga Gates tersebut, dalam beberapa tahun terakhir sudah mampu menolong banyak sekali masyarakat terutama di daerah terpencil untuk mengurangi angka kematian anak usia balita. Selain itu, masalah lain yang juga menjadi prioritas adalah mengurangi angka penderita polio di beberapa negara.

“Hal luar biasa yang telah kami lakukan adalah ikut menurunkan jumlah kematian anak-anak di bawah usia lima tahun. Proses itu mungkin dengan memberikan vaksin dan menggunakan kelambu untuk malaria,” ujar Melinda.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kegiatan rutin yang selalu dilakukan oleh Melinda di sela aktivitasnya adalah mengumpulkan data masalah yang akan ditangani di berbagai negara. Oleh karena itu, tidak jarang ia terlihat melakukan perjalanan ke beberapa negara untuk melakukan pengamatan sebelum nantinya mencoba mengambil tindakan.

Menurut Malinda, salah satu hal yang sangat penting dalam menangani sebuah masalah adalah komunikasi. Hal tersebut ia coba terapkan bersama sang suami, yakni lewat komunikasi ketika dirinya usai mengunjungi sebuah negara.

Orang pertama yang selalu ia telepon adalah sang suami untuk menggambarkan berbagai hal mulai dari kondisi wilayah, masalah, serta kemungkinan solusi yang bisa dijalankan.

“Jadi, apa yang dapat kami lakukan? Bagaimana kami dapat membuatnya lebih baik? Apakah kami benar-benar mengetahui hasil yang didapatkan, termasuk apakah sesuai dengan data yang kami butuhkan. Pertanyaan itu yang kerap meluncur,” ujarnya.

Mengunjungi Indonesia

Ketika pertama kali muncul di publik beberapa tahun lalu, salah satu wacana yang coba ditawarkan oleh Melinda kala itu adalah tentang penggunaan alat kontrasepsi. Meskipun mendapat tantangan beberapa pihak, namun Melinda yakin bahwa penggunaan kontrasepsi yang tepat bisa menjadi pagar kokoh dalam upaya menghalau berbagai masalah masyarakat lain.

Yang menarik, Melinda melihat bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang paling sukses dalam penerapan program kontrasepsi. Indonesia sendiri lebih dikenal dengan istilah keluarga Berencana atau KB.

Untuk itu, Melinda juga melakukan kunjungan ke Indonesia yakni pada tanggal 21-23 Maret 2017 kemarin. Tujuannya tentu untuk melihat dan memantau bagaimana perkembangan program kontrasepsi serta cara agar dapat berhasil diterapkan di Indonesia.

Semoga langkah positif yang ditempuh oleh Melinda Gates bisa menjadi contoh tidak hanya bagi para hartawan lain namun juga masyarakat umum tentang bagaimana kita bisa melakukan hal positif untuk orang lain. Mungkin tidak perlu dalam bentuk yang luar biasa besar, bahkan lewat hal sederhana saja sebenarnya kita bisa melakukan perubahan positif.

(***)

Sumber: maxmanroe.com 


PROFIL PENULIS

Imron Nurfalah


Imron Nurfalah Imron Nurfalah

tuankembara.wix.com/site


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...