Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Raup Jutaan Rupiah dari Bisnis Tanam Anggrek Depan Rumah


1

Tahun 1994 ada beberapa orang yang memulai menanam anggrek di halaman rumah mereka di Kampung Rawa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

Lambat laun, para penanam anggrek pun kian menyebar hingga menjadi puluhan orang. Dalam hal budidaya anggrek ini, mereka menggunakan metode yang sama. Memanfaatkan halaman rumah sebagai arena pembibitan.

Muas, mewarisi usaha orang tuanya yang lebih dulu menjadi petani anggrek. Menurutnya, usahanya ini dimulai sekitar tahun 2000 dengan modal yang tidak terlalu besar. 

Ketika itu, dia hanya bermodalkan uang Rp10 juta yang kemudian digunakan untuk membeli 1.000 anggrek beserta kelengkapannya.

“Ya, awalnya saya membeli 1.000 anggrek dari daerah Bogor. Lalu, saya kembangbiakkan sampai sekarang,” katanya.

Setelah 13 tahun berjalan, usahanya ternyata mampu bertahan di tengah persaingan yang cukup ketat. Bahkan, kini ia juga telah memiliki beberapa pelanggan tetap yang mendistribusikan anggreknya ke seluruh pelosok Tanah Air.

“Kalau anggreknya sudah siap jual, ada beberapa pelanggan yang sudah siap membeli. Anggrek dari saya itu, mereka kirimkan lagi ke luar Jawa,” ucap Muas.

Diakuinya, pelanggan itu bisa membeli sekitar 300-400 pohon untuk sekali order. Soal harga, per pohonnya dibanderol antara Rp15–20 ribu. Muas memang memiliki pelanggan yang loyal karena kekhasan anggrek yang dijualnya.

Kini, di tangannya, sudah ada dua varian anggrek yang dijual. Antara lain, anggrek berwarna biru-ungu yang dinamai kiyoshi, dan anggrek berwarna putih-kuning bernama wangling.

“Jadi, hanya pelanggan yang mencari anggrek kiyoshi dan wangling saja yang datang ke sini. Kalau mencari anggrek lain, silakan datang ke tempat lain,” tegasnya.

Di sentra anggrek Kampung Rawa ini, ada sekitar 20 petani anggrek yang bermukim. Sebelumnya, bahkan jauh lebih banyak lagi.

Para petani anggrek di kawasan ini banyak yang menjual halaman rumahnya untuk dijadikan bangunan. Praktis, yang bertahan hingga kini hanya mereka yang benar-benar mencintai anggrek.

Namun, dengan semakin sedikitnya para petani anggrek, membuat petani yang bertahan kian dibanjiri berkah. Sebab, jumlah persaingan pastinya semakin menipis.

“Benar, semakin sedikit petani anggrek, kami yang bertahan ya semakin untung. Karena para pelanggan anggrek yang biasa memesan pada petani yang kini gulung tikar, menjadi beralih ke petani anggrek yang tetap bertahan. Tak aneh, jika tingkat permintaan makin tinggi,” paparnya.

Namun, ke-20 petani anggrek itu, tidak menanam anggrek serupa. Mereka memiliki kekhasan dan karakteristiknya masing-masing. Karena itulah, masing-masing petani memiliki pangsa pasar dan pelanggannya tersendiri. Cara pemasarannya pun masih sederhana, hanya berbasis telepon.

“Saya tidak khawatir kehilangan pelanggan. Karena anggrek yang saya jual ini khas. Para petani anggrek lainnya juga begitu. Mereka punya ciri khasnya,” ungkapnya.

Dari hasil pembibitan, di tempatnya saat ini sudah ada ribuan anggrek yang siap dibesarkan dan menjadi ladang rupiah. 

Untuk menjadi tanaman siap jual, harus ada beberapa proses yang dilalui dari mulai pembibitan sampai pembesaran dengan rentang waktu yang tidak sebentar.

Namun, yang dilakukannya akan terbayar lunas, jika anggreknya banyak dipesan pasar.

“Sebulan, saya bisa untung bersih antara Rp3–4 juta,” ujarnya.

(***)

Sumber: viva.co.id

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar disini .


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...