Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Rendang Uni Farah, Rendang Khas Kampung dalam Kemasan Modern


0

Bosan dengan chicken nugget atau makanan impor lainnya?! Cobalah Rendang Uni Farah yang dikemas dalam kemasan kedap udara yang mampu bertahan hingga enam bulan di lemari pendingin maupun dalam suhu ekstrem saat dibawa ke tanah suci. Rasanya pas, khas Indonesia, dan tentu saja, dikemas dalam kemasan cantik membuat Rendang Uni Farah ‘bukan sekadar rendang’.

Silaturahim Membawa Ide Bisnis

Siapa sangka kebiasaan mengirimkan makanan ke sanak saudara mengantarkan Andam berbisnis rendang hingga saat ini. Andam yang bernama lengkap Reno Andam Suri, mulai serius menggeluti bisnis rendang sekitar enam tahun lalu. 

Berawal dari parsel rendang yang disukai oleh famili dan teman-temannya, pesanan parsel rendang pun berdatangan, khususnya menjelang hari raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Selain rasanya yang istimewa, Andam juga menawarkan rendang dalam kemasan parsel yang ‘wah’, seperti dikemas dalam toples cantik, piring, mangkok, atau pun paper bag yang menawan.

Rendang basah yang diracik Andam memiliki keistimewaan tersendiri, mulai dari produksi hingga pengemasan. Dibandingkan dengan rendang kering atau runtiah yang banyak ditemui di pasar-pasar, rendang bikinan Andam adalah rendang basah yang dibuat dengan cara tradisional tapi dikemas dengan kemasan modern. Andam memasak rendang di garasi rumahnya dengan tungku api menggunakan kayu sebagai ‘bahan bakar’nya. Dengan memberdayakan tiga orang tetangganya untuk mengaduk adonan rendang, Andam pun dapat tetap memantau aktivitas kedua putrinya di rumah sambil tetap menjalankan bisnis.

Kemasan Kedap Udara, Terobosan Baru dalam Memasarkan Rendang Basah

Setelah dua tahun sejak parsel Rendang Uni Farah ‘terkenal’, mulai banyak orang yang memesan rendang dengan konsep cepat saji dan praktis, bahkan untuk dibawa ke luar negeri. Mulailah Andam berinovasi, dari membungkus dengan kemasan plastik biasa, dengan menggunakan tempat plastik roti, hingga plastik kedap udara. Cara yang terakhirlah yang menurut wanita berdarah Minang ini paling praktis dan cost effective.

Walaupun divakum, rendang buatan Andam tetap bebas lemak, rasanya terjaga, meski tanpa bahan pengawet. Kelebihannya lagi, rendang ini pun praktis untuk dibawa, misalnya sebagai bekal makanan untuk pergi haji. Tak heran, Andam yang pernah menguji ketahanan rendangnya di tanah suci ini yakin dapat menarik minat para calon haji untuk membawa rendang buatannya sebagai bekal. 

Untuk lebih memantapkan para pelanggan mengenai kehalalan dan higienis rendang buatannya, Andam pun memproses Rendang Uni Farah untuk diuji di Departemen Kesehatan dan BPPOM MUI untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Dengan kemasan modern dan cita rasa istimewa tersebut, Rendang Uni Farah, yang diambil dari nama putri pertama Andam, banyak dilirik oleh investor maupun hipermarket untuk meluaskan distribusinya. Namun, Andam masih menimbang-nimbang karena tidak ingin rendang buatannya kehilangan ‘feel’ karena dibuat massal atau pabrikan.

“Bagi saya, rendang ini ada feel-nya, mengaduknya ada feel-nya. Jadi nggak cuma seperti mesin, saya nggak bisa begitu membuat rendang ini,” ujar wanita lulusan Desain Grafis Trisakti ini.

Namun, meski ingin mempertahankan ‘feel’ rendang serta dibuat secara homemade, Andam tetap berencana memasarkan Rendang Uni Farah ke beberapa supermarket khusus yang jaringannya masih belum terlalu banyak.


Memasak rendang memang membutuhkan kesabaran. Dalam sehari, Andam dapat membuat sekitar 7—11 kg rendang dengan jangka waktu pembuatan hingga tujuh jam. Tak heran, waktu yang diperlukan terbilang lama karena Andam menggunakan tungku tradisional dengan kayu sebagai bahan bakarnya. Kayunya sendiri diperoleh Andam dari sekitar komplek rumahnya, biasanya tukang becak yang rajin mengantarkan kayu ke rumah Andam.

Proses Memasak Rendang

Setelah rendang masak, Andam juga memerlukan waktu untuk pendinginan hingga rendang siap divakum. Tak pelak, meski banyak orang mengatakan harga Rendang Uni Farah di atas rata-rata, namun jika dilihat dari proses pengerjaannya sedemikian rupa, harga tersebut dinilai sebanding.

Kini Rendang Uni Farah tersedia dalam empat varian rasa, yaitu: rendang daging, rendang paru, rendang kentang, dan rendang udang. Rendang Uni Farah juga tersaji dalam berbagai ukuran dan kemasan, mulai dari individual pack berisi dua potong rendang, hingga paket rendang berisi 22 potong yang dikemas dalam brown ribbon paper bag, toples, mangkok, dan piring.

Rendang Uni Farah dapat Anda dapatkan mulai dari Rp170 ribu/kg yang berisi 22 potong rendang daging, atau Rp75 ribu/kg untuk rendang kentang, hingga Rp275 ribu/kg untuk rendang udang yang dikemas dalam parsel cantik. Sementara, bagi Anda yang bersiap memilih bekal makanan untuk pergi haji, tersedia juga Spesial Rendang untuk Haji/Umroh dengan harga Rp200 ribu/kg.

Bisnis Lancar = Semakin Bermanfaat Bagi Banyak Orang

Bagi Andam, yang memulai bisnis rendang dengan modal Rp5 juta hingga saat ini beromset puluhan juta rupiah per bulan, bukan materi semata yang menjadi orientasi bisnisnya, namun kebahagiaan untuk dapat berbagi dengan orang lain lebih penting dari materi. Artinya, jika bisnis Andam semakin sukses, Andam pun senang dapat berbagi rizki dengan ibu-ibu tetangganya yang membantu mengaduk rendang, dengan tukang ojek yang mengantarkan rendangnya, dengan tukang becak yang mengantarkan kayu-kayu bakar, dan lain-lain. Dengan begitu, Andam merasa semakin berkah dalam menjalani bisnisnya.

(***)

Sumber: eramuslim.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar disini .


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...