Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Sukses Berbisnis Boneka Lumut, Pria Ini Raup Omzet Puluhan Juta Per Bulan


0

Merintis bisnis sejak muda sedang jadi tren. Ini juga yang dijalani Faldi Adisajana, memulai bisnis boneka lumut sejak duduk di semester 5 Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran.

Faldi terinspirasi dari Kokedama alias teknik menanam dengan media lumut yang lahir di Jepang. Boneka lumut yang dibuat Faldi awalnya memanfaatkan lumut yang ada di hutan dan tanah di sekitar rumahnya.

Boneka lumut racikan Faldi menjadi pelopor tanaman hias lumut berbentuk bola yang ada di Indonesia.

"Dan di situ saya bikin lagi terinspirasi dari Jepang Kokedama di mana koke itu lumut dan dama itu bola, saya kalau di Jepang menggunakan tanaman bonsai dijadikan lumut. Saya buat inovasi pertama di Indonesia bahkan di dunia itu boneka lumutnya," ujar Faldi seperti dilansir dari Detik.com, Senin (16/10/2017).

Sebelum memulai bisnis boneka lumut, Faldi awalnya sempat mencoba peruntungan dengan menjual tanaman hias Succulent dan Kaktus yang ditempatkan di pot kayu. Namun, karena resposns masyarakat dirasa kurang saat dipamerkan di Event Car Free Day Dago, Faldi banting setir menjajal bisnis boneka lumut.

Bisnis boneka lumut ini diberi label Planter Craft. Dalam merintis Planter Craft, Faldi mengeluarkan modal awal yang terbilang sangat kecil yaitu Rp 200.000. Modal tersebut diakali Faldi dengan memanfaatkan lumut dan tanah yang ada di sekitar rumanya.

"Ambil lumut gratis di hutan tanah mudah dicari ada tanah dibuat. Pada saat itu masih riset sedikit bagnet lah kalau Rp 100.000-Rp 200.000 segituan," kata Faldi, yang pernah meraih juara II Wirausaha Muda Mandiri pada Maret 2016, kategori mahasiswa di bidang usaha kreatif.

Dalam membuat boneka lumut nan lucu ini, Faldi sedikit menceritakan caranya saat berincang dengan detikFinance. Untuk membuat boneka lumut dibutuhkan beberapa material seperti tanah, serabut kelapa atau coco peat, kerikil, dan tentunya lumut.

Seluruh material tersebut dibentuk menjadi satu kesatuan dengan material lumut direkatkan paling akhir menggunakan benang jahit tipis.

Sebagai aksesoris tambahan, di bagian atas bola lumut tersebut ditambah beberapa ornamen hiasan seperti tanaman anggrek hingga kaktus. Setelah berbentuk bola, kemudian ditambahkan hiasan mata agar menyerupai boneka. Tidak hanya itu, kabel juga digunakan untuk membentuk tangan dan kaki agar menjadi boneka lumut nan lucu.

Pameran di Thailand Hingga Korsel

Boneka lumut buatan Faldi bisa ditaruh di dalam dan di luar ruangan. Perawatan tanaman lumut ini juga terbilang mudah hanya cukup merendam boneka lumut di dengan air sekitar 3-5 menit setiap minggunya.

"Perawatannya karena tanaman hias ini enggak butuh air banyak dan seminggu cukup direndam sampai meresap biar airnya meresap sampai ke akar," ujar Faldi.

Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan lumut, Faldi menjalin kerja sama dengan pemasok lumut dari petani di Tangkuban Perahu, Lembang. Faldi juga memberdayakan anak-anak panti asuhan dalam membuat boneka lumut.

Boneka lumut buatan Faldi ramai dipesan dari berbagai daerah di Indonesia. Boneka lumut ini juga sudah banyak dipajang di etalase Carrefour di Kota Bandung. Bahkan mahasiswa yang sudah memasuki tahun akhir ini juga sempat mengikuti pameran di Thailand hingga Korea Selatan (Korsel) mewakili Indonesia.

Setiap bulannya, pesanan boneka lumut buatan Faldi mencapai 1.000 buah. Pesanan ini di antaranya merupakan pesanan untuk souvenir pernikahan. Faldi juga melayani dekorasi ruangan dengan boneka lumutnya, baik dengan sewa maupun beli.

"Kalau boneka 500-1.000 untuk souvenir nikah. Untuk pameran awal-awal kita ikutin di Jakarta hampir tiap minggu, lebih cenderung ke online dan Carrefour sendiri," tutur Faldi.

Dengan jumlah pesanan yang begitu banyak setiap bulannya, Faldi mampu mengantongi omzet hingga Rp 50 juta per bulannya. Bahkan di tahun ini Planter Craft mendapatkan tawaran untuk memasok lumut sebagai ornament di atap bangunan.

"Kalau omzet sama dekorasi itu bisa Rp 30 juta-Rp 50 jtuaan. Bahkan di tahun ini sebenarnya ada meeting dengan arsitek Belanda katanya dia mau buat perpustakaan lumut di atasnya itu," tutup Faldi.

Harga boneka lumut buatan Faldi juga terbilang murah, mulai dari Rp 7.500 untuk souvenir hingga boneka lumut dengan ornament anggrek Rp 230.000 per buah.

- Boneka Lumut Kokedama Rp 140.000

- Bola Lumut Anggrek Rp 230.000

- Bola Lumut Tanaman Herbs Rp 95.000

- Bola Lumut berbagai tanaman hias mulai dari Rp 95.000

- Tanaman Hias Kaktus & Succulent mulai dari Rp 7.500 (souvenir minimal order 250pcs)

Jika berminat mengoleksi boneka lumut Planter Craft bisa langsung melirik katalognya di Instagram @plantercraftbdg atau langsung kunjungi website www.plantercraftbdg.com. Atau bisa langsung datang ke workshop di Bandung, Jawa Barat di Jalan Sukagalih No 58, Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.

(***)

Sumber: Detik.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...