Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Sukses Jadi Pengusaha, Meski Dulu Dipandang Sebelah Mata


0

Sobiz, mungkin sudah biasa mendengar hal ini: belajarlah yang giat agar kamu bisa sukses. Ya, kesuksesan memang bisa dicapai kalau kita mau berusahan lebih keras dan lebih giat dari yang lain. Tapi, apakah hanya orang-orang yang super pintar saja yang bisa sukses?

Pemikiran bahwa hanya anak-anak yang mendapat nilai bagus dan juara kelas lah yang akan sukses mungkin sudah ditanamkan oleh sebagian besar orangtua sejak kecil. Tapi perlu dicatat! Mereka-mereka yang nakal dan langganan mendapat nilai jelek ya pasti gagal, namun ternyata anak-anak itu memiliki potensi untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses di kemudian hari.

Setiap orang pasti memiliki minat dan bakatnya masing-masing. Ketika mereka tak ahli dalam satu hal, bukan berarti masyarakat berhak melabeli nya "kurang pandai"seperti yang umumnya terjadi di masyarakat. Tak ada yang tahu kan dia akan seperti apa di masa depan?

Seperti kisah pengusaha sukses Jaya Setiabudi. Siapa sangka, lelaki berusia 43 tahun yang kerap dipanggil JayaYEA ini dulunya adalah anak bandel dan bukan murid pintar kesayangan guru? Meski begitu, Jaya sudah punya minat dan rencana sendiri untuk menekuni dunia bisnis kelak. Tujuan inilah yang membantunya sukses.

JayaYEA adalah sosok yang terbilang cukup popular di kalangan pebisnis Indonesia. Saat ini JayaYEA memiliki beberapa perusahaan di antaranya: distributor untuk produk hi-tech industry, supplier dan retail di bidang food and beverage, agen oli di Jakarta, hingga sederet bisnis lainnya.

Penasaran dengan lika-liku perjalanan Jaya? Yuk, kita simak kisahnya.

Semasa sekolah, lelaki berkacamata ini adalah murid yang sangat bandel dan hobi bikin masalah. Saking bandelnya nih, salah satu guru di SMP pernah menyumpahinya tidak akan sukses seumur hidup.

Kenakalan Jaya semakin menjadi ketika dia masuk STM. Jaya mengaku lebih suka berada di luar sekolah karena tidak suka mendengarkan materi di kelas. Dia pun makin sering bolos dari sekolah.

Meskipun demikian, jauh di lubuk hati dia punya rencana sendiri untuk menekuni dunia bisnis. Jiwa wirausaha ini sudah ada dalam dirinya sejak lama dan ayahnya merespon baik tekat Jaya tersebut.

Sebelum merealisasikan mimpinya, Jaya melanjutkan pendidikannya dulu di bangku kuliah. Dia mengambil Jurusan Teknik Elektro. Setelah lulus, Jaya memilih untuk belajar dulu menjadi karyawan sebelum merintis bisnisnya sendiri.

Jaya pun melamar menjadi technical buyer, sebuah posisi yang jauh berbeda dengan apa yang dipelajarinya saat kuliah. Tujuan Jaya sederhana, karena dia bekerja dengan maksud mencari ilmu. Bahkan dia mengatakan hal ini saat tes wawancara.

Image and video hosting by TinyPic

Sumber via: Instagram @jayasetiabudi


Di sinilah Jaya belajar seluk beluk tentang sirkulasi dagang. Demi mendalami ilmu di bidang tersebut, Jaya rela lho lembur dan belajar di akhir pekan—dan tidak dibayar. Masa menimba ilmu di kantor inilah yang mengantar Jaya menuju kesuksesannya sekarang.

Image and video hosting by TinyPic

Sumber: iloveaceh.org


Tapi, jangan dikira perjalanan Jaya selalu mulus meski sudah mahir ilmu berdagang. Bisnis pertama Jaya hanya bertahan 3 bulan saja dan mengalami kebangkrutan.

Image and video hosting by TinyPic

Sumber: veryfund.co


Meski pernah gagal dan bahkan kesusahan untuk membeli makan, Jaya tak pernah patah arang. Dia kembali merintis bisnisnya dari nol.

Image and video hosting by TinyPic

Sumber: Twitter @JayaYEA


Kegagalan demi kegagalan Jaya temui dalam perjalanannya menuju sukses. Tidak hanya sekali, Jaya mengalami kebangkrutan berulang kali.

Image and video hosting by TinyPic

Sumber: Twitter @JayaYEA


Bukan Jaya namanya kalau putus asa dan menyerah. Tak peduli bagaimana kesulitan yang dihadapi, Jaya terus bekerja keras dan percaya bahwa dia mampu meraih mimpinya.

Image and video hosting by TinyPic

Sumber: Youtube.com


Sekarang, Jaya sudah bisa menuai hasil dari usahanya. Dia telah berhasil merintis perusahaan yang bergera di bidang makanan, industrial automation, baja dan konstruksi ringan, dan lain-lain.

Image and video hosting by TinyPic

Sumber: jualebookbisnisonline.wordpress.com


Nah itu tadi lika-liku perjalanan Jaya. Meski dulunya anak nakal yang suka bolos, Jaya ternyata sudah punya tujuan dalam hidup. Dia pun tidak mudah menyerah meski pada akhirnya harus belajar lebih keras dari yang lain.

Ternyata murid nakal pun bisa sukses kok asal dia tahu apa yang diinginkannya. Tapi ini bukan berarti Kita Muda menyuruh kamu jadi anak bandel ya, Sobiz!

Semoga Sobiz bisa memetik pelajaran dari kisah Jaya Setiabudi ini.

(***)

Sumber: Veryfund.co

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...