Chat with Us

Aktifkan STARBOX

TIPS Lengkap Membuat Nama Brand Agar Lebih Cepat Terkenal di Era Digital


0

Masih ingat dengan kalimat "Apalah arti sebuah nama?" Ups, jangan bangga dengan istilah ketinggalan jaman itu, terutama ketika kita ingin membuat nama brand pada era dimana berbisnis semakin mudah bagi banyak orang. Pernyataan singkat William Shakespeare yang pernah hidup di abad ke 16 tersebut kini tidak lagi berpengaruh besar di abad ini.

Membuat nama brand sama seperti ketika memberi nama buah hati kita, tentunya kita akan sangat bersungguh-sungguh membuat nama brand kita agar menjadi brand yang sangat dikenal dan dibutuhkan oleh banyak orang. Namun membuat nama tidaklah semudah saat kita menyebutkannya. Nama brand menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi perkembangan, keberlangsungan, atau bangkrutnya sebuah bisnis.

Masalahnya, berkembangnya teknologi digital menjadikan setiap orang dapat dengan mudah berbisnis dan membuat nama-nama brand sesuka hati. Ada jutaan nama brand tersebar di berbagai situs internet. Padahal, baru tentang nama brand saja kita sudah memasuki persaingan yang sengit. Siapa yang lebih dulu menggunakan nama sebuah brand di internet, atau siapa yang dapat menjadikan brandnya dapat dengan mudah ditemukan di internet, maka bisa dianggap dialah pemenangnya.

Caranya? Ini dia..


TIPS Lengkap Membuat Nama Brand Agar Lebih Cepat Terkenal Era Digital


Menyesuaikan dengan Pasar

Membuat nama brand tentunya tidak lepas dari penyesuaian target pasar kita. Tahap ini merupakan dasar yang penting sebelum kita menentukan nama brand yang akan kita gunakan. Contohnya ketika target pasar kita adalah anak muda yang sporty, maka nama brand kita harus dapat menciptakan citra yang penuh semangat, inspiratif, dapat menciptakan kebanggaan, dan apapun yang berkaitan anak muda.

Contoh lainnya, apabila target pasar kita adalah ibu rumah tangga atau konsumen yang sudah berkeluarga, maka nama brand kita harus dapat menciptakan citra yang bijak, smart,

harmonis, dan lain sebagainya.

Namun semua tergantung kita, apakah kita ingin menyesuaikan nama band dengan pasar yang kita tentukan sebelumnya. Hal yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat menciptakan citra melalui nama brand yang kita tentukan. Hal ini karena citra brand dapat menentukan sikap konsumen kita.

Melakukan riset nama brand

Seperti yang kita tahu, ada begitu banyak nama brand bertebaran di internet. Tidak ada salahnya kita menilai seberapa kuat brand yang kita temukan di internet. Dalam riset tersebut, kita akan menemukan beberapa brand produk atau jasa yang diberi nama sesuai dengan karakter, jenis, fungsi, bentuk, warna, dan lain sebagainya.

Contohnya:

Nama brand berdasarkan jenis:

Aqua, Telkom, Luwak White Coffee, Microsoft, Iphone, Coca Cola, Kentucky Fried Chicken, dan lain sebagainya.


Nama brand berdasarkan bentuk produk atau kemasan:

Teh Botol Sosro, Teh Kotak, Burger King, dan lain sebagainya.


Nama brand berdasarkan nama karakter:

Mcdonald's, Disney, Doctor Martens, Maicih, Honda, Suzuki, dan lain sebagainya.


Nama brand berdasarkan sifat atau citra:

Facebook, Twitter, Path, Detik, Koran Kompas, Koran Tempo, dan lain sebagainya.


Nama brand berdasarkan nama objek lainnya:

Jaguar, Puma, Bintang Beer, Land Rover, Bear Brand, dan lain sebagainya.


Masih banyak nama-nama brand yang dibuat berdasarkan berbagai macam hal. Namun dari riset nama brand, kita bisa membuatnya berdasarkan kebutuhan kita. Namun yang pasti, nama brand sudah sebaiknya memiliki makna yang mudah dimengerti.

Membuat nama brand dengan makna yang mudah dimengerti

Tidak harus unik agar mudah diingat, brand yang memiliki makna yang mudah dimengerti justru lebih baik. Makna yang kuat membuat orang lain dapat lebih mengerti dan mengingat lebih lama jika dibandingkan nama yang sekedar unik saja. Keunikan nama brand seringkali hanya bertahan sebentar, atau paling tidak hanya sebatas diingat dan dipahami, namun tidak dapat memberikan pengaruh besar terhadap sikap pasar. Sedangkan makna yang kuat justru dapat lebih memberikan pengaruh terhadap sikap pasar.

Perbedaan terbesarnya dapat kita samakan dengan gaya berbisnis kita sendiri, ingin berbisnis dengan cara Hard sell atau Soft sell. Keduanya dapat dimengerti dan diingat, namun yang mana yang akan kita pilih agar dapat mempengaruhi sikap pasar kita.


Nama brand mudah diucapkan, ditulis dan dibaca

Nama brand yang mudah diucapkan memberikan dampak besar terhadap daya ingat pasar. Salah satunya dengan tidak menggunakan terlalu banyak kata. Selain mudah diucapkan, nama brand tentunya juga harus mudah ditulis dan dibaca.

Demi menilai apakah nama brand kita dapat mudah diingat dan disukai, ajaklah orang lain untuk mengucapkan, menulis dan membaca nama brand kita, serta ajak mereka untuk memberikan pendapatnya.

Beberapa perusahaan asing memiliki brand yang cara penulisannya berbeda dengan cara membacanya. Brand-brand tersebut menggunakan aksen tersendiri dalam pengucapannya. Aksen ini menjelaskan darimana brand tersebut berasal. Hal ini dinilai wajar karena pada awalnya brand-brand tersebut kebanyakan hanya menyesuaikan target konsumen lokal sebelum akhirnya berkembang dan dikenal luas.


Nama brand belum digunakan orang lain

Ini penting! Jangan menggunakan nama brand yang sudah ada, karena dampaknya akan menjadi bumerang bagi kita. Brand kita hanya akan dianggap sebagai peniru atau mendapatkan nama yang buruk oleh banyak orang. Atau brand kita hanya akan meningkatkan kepopuleran brand yang sudah ada sebelumnya.

Di dunia digital, kita dapat melakukan riset tentang nama brand yang akan kita gunakan melalui fitur pencari. Contohnya kita bisa mengetikan nama yang rencananya akan kita gunakan pada kolom pencari google, facebook, twitter, dan media sosial lainnya.

Namun untuk lebih jelas apakah brand kita sudah digunakan atau belum, kita bisa mencari tahu di Indonesia Trademark Database.


Situs ini berisi tentang daftar kekayaan intelektual perusahaan atau organisasi termasuk nama brand atau perusahaan atau organisasi, hingga logo yang digunakan atau status kepemilikannya secara resmi.

Konsisten menggunakan nama brand yang sudah dibuat
Sebelumnya telah dijelaskan bahwa membuat nama brand sama seperti memberikan nama untuk buah hati. Apabila kita mengganti nama brand kita, maka kita hanya akan mengulang semuanya dari awal lagi.

Segera buat website pribadi

Siapa cepat dia dapat. Ungkapan ini sangat penting ketika kita berbisnis di dunia digital. Tujuannya agar nama brand yang akan kita gunakan tidak digunakan lebih dulu oleh orang lain. Jangan bilang kalau membuat website membutuhkan kemampuan khusus dan prosesnya menyita waktu. Coba saja Jarvis Store.


Membuat website dengan Jarvis Store sangat mudah. Hanya butuh 3 menit website kita sudah bisa digunakan. Fiturnya juga cukup lengkap. Jadi tunggu apalagi?

Daftarkan di berbagai situs internet

Ketika kita sudah memiliki nama brand, selanjutnya adalah mempublikasikannya. Di era teknologi ini, kita perlu mendaftarkan brand kita di berbagai situs internet. Tujuannya adalah mengikuti tren perilaku masyarakat modern yang mencari segala sesuatunya melalui internet. Jika kita ingin brand kita dikenal dengan cepat dan secara luas, maka media internet adalah solusinya.

Media Sosial

Selain sebagai alat pemasaran yang cukup ampuh, media sosial juga dapat berfungsi sebagai perantara yang sangat dekat dengan pasar kita. Sebelumnya, kita perlu mendaftarkan brand kita di media sosial dengan cara membuat akun di media sosial dengan nama brand kita.

Media sosial yang saat ini memiliki jumlah penggunanya yang cukup banyak dan terus berkembang, serta dapat dapat dijadikan sebagai media pemasaran yang efektif antara lain adalah FacebookInstagramTwitterGoogle+Pinterest, dan Blackberry Messenger.

Meskipun terdapat banyak jenis media sosial, kita juga harus mengenal karakter dari media sosial yang akan kita gunakan. Selain itu, kita juga perlu mengetahui para pengguna media sosial dan tren yang sedang terjadi.

Baca Juga:
Tips Lengkap Memulai Bisnis Menggunakan Facebook

Situs Jual Beli Online
Situs jual beli online merupakan jenis situs yang dikenal memiliki peranan penting dalam melakukan transaksi jual beli. Situs ini biasa digunakan baik oleh pemula atau pebisnis besar dalam melakukan pemasaran secara massal.

Baca juga:
Tips Sukses Lengkap Berjualan di Toko Online

Perkenalkan brand di Forum

Kebanyakan orang masih memiliki sifat yang suka berkumpul dan berbincang satu dengan lainnya. Forum-forum di internet dapat menjadi tempat yang pas untuk saling berbagi informasi. Berbeda dengan media sosial yang memiliki fitur dan fungsinya yang terbatas, dalam forum kita dapat membuat suatu topik secara khusus dengan pembaca yang sudah tersegmentasi.

Forum dengan banyak pengguna aktif antara lain KaskusKompasianaForum DetikWarungkopi OkezoneForum Liputan6, dan masih banyak lagi. 

Bergabung di komunitas

Komunitas memiliki peran penting baik bagi pebisnis pemula hingga pebisnis besar. Dalam komunitas bisnis, selain sebagai tempat berbagi informasi dengan sesama pebisnis dari berbagai bidang usaha, kita juga dapat melakukan beragam kerja sama bisnis.

Salah satu contoh komunitas bisnis:
www.smartbisnis.co.id

Daftarkan bisnis kita di Google Bisnis


Istilah "mbah Google" bukan lagi hal yang baru bagi kebanyakan orang. Istilah ini ada karena tren perilaku masyarakat modern yang mencari segala sesuatunya melalui internet. Google sendiri merupakan fitur pencari terbesar dengan banyak penggunanya.

Google Bisnis merupakan salah satu fitur yang ditawarkan Google kepada pemilik bisnis untuk mendaftarkan bisnis milik mereka ke dalam semua fitur Google melalui "satu pintu". Hasilnya?

Ayo kita berperan sebagai seseorang yang sedang berkunjung ke daerah Semarang, Jawa Tengah. Selanjutnya kita ingin mencari tempat makan di Semarang, sedangkan kita tidak tahu letaknya. Kita juga tidak tahu menu, harga, hingga suasana tempat yang sesuai dengan keinginan kita. Lalu ketika kita mencarinya dengan mengetik di kolom pencari "Tempat makan di Semarang", maka akan muncul banyak pilihan secara detail seperti gambar ini:



Disini kita bisa melihat berbagai tempat makan lengkap dengan informasi kontak dan jam operasionalnya. Kita juga dapat melihat alamat tempat makan dan bisa diarahkan menuju lokasi tersebut melalui Google Maps. Selain berbentu peta, kita juga dapat melihat lokasinya secara nyata melalui Google Street. Tentang tempat makan tersebut, kita dapat melihat foto-foto tentang tempat tersebut, sehingga kita dapat melihat seperti apa menu yang di tawarkan beserta suasananya. Dan yang paling penting, kita bisa melihat berbagai testimoni pengunjung terkait tempat tersebut.

Jika kita mendaftarkan bisnis kita di Google Bisnis, maka kita persentase brand bisnis kita dapat ditemukan oleh banyak orang melalui internet semakin besar.

Pelajari SEO

Search Engine Optimizer (SEO) merupakan teknik penting yang harus kita pelajari dan kita gunakan apabila brand kita ingin dengan mudah ditemukan oleh banyak orang di internet. SEO merupakan senjata penting bagi pebisnis yang menggunakan media internet sebagai alat pemasarannya. Tujuannya adalah agar brand yang kita miliki dapat dengan mudah ditemukan oleh banyak orang di internet.

Jika pebisnis pemula dengan brand barunya dapat mempraktikan SEO, maka ia dapat mengalahkan Brand besar yang tidak mempraktikan SEO.

Baca juga:
Beragam informasi, tips dan triks tentang SEO


Kesimpulan

Setelah semua yang kita lakukan demi membuat nama brand kita lebih cepat terkenal di era digital, kita hanya perlu fokus terhadap tren dan teknologi informasi. Tujuannya adalah agar bisnis kita dapat dengan mudah ditemukan diantara jutaan nama brand lain yang menjadi kompetitor.

"Selama kita menguasai tren dan teknologi informasi, kita dapat menang dalam persaingan apapun."

***


Ditulis oleh:
Sony Swangga
Praktisi Humas, Media Sosial dan Pemasaran Digital  


PROFIL PENULIS

Sony Swangga Pratama

Tidak ada deskripsi.


Ada 1 Komentar

Kirim Komentar



Please wait...

TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...