Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Trove Footware, Ciptakan Sepatu Unik dengan Batik dan Denim


0

Bisnis bersama teman memang mengasikan. Selain banyak terinspirasi kamu juga lebih mudah buat kumpul modalnya. Akan tetapi tak mudahnya yaitu menyatukan diri di dalam sebuah visi-misi korporasi. Mereka berempat lebih kuat berkat rasa persahabatan. Berbisnis bersama yang mereka sukai yakni bisnis fashion. Jevon Wirianto, pemuda 22 tahun, berkuliah di Universitas Prastya Mulya Jakarta, berbisnis dan berkuliah bersama tiga temannya, Rizky Akbar Lubis, Yudha Leonardi dan juga Agnes.

Mereka menggarap pasar batik. Eit, bukan batik biasa loh, karena mereka menggarap sepatu kulit bertema batik. Mereka tengah fokus menjadi ikon fashion anak muda di Indonesia. Mereka menciptakan beraneka sepatu trendy, kasual, dan juga nyaman. Produk tersebut diberi mereka nama Trove Footware. Saat ini omzetnya bisa mencapai Rp35-40 juta. Wow!

"Batik itu kesannya tua nah kita aplikasikan di sepatu. Sehingga bisa lebih terlihat kasual," jelas Jevon.

Dimulai dari kampus, mengambil jurusan bisnis, tentu hidup berempat adalah tentang bisnis. Setiap harinya di perkuliahan para dosen menggembleng mereka. Seolah tiada hari tanpa sesi motivasi agar mereka semua para mahasiswa bisa jadi pengusaha sendiri. Mereka diajarkan harus berani mengambil resiko.

Mereka diharuskan berpikir di luar kotak. Dituntut untuk menciptakan produk maupun jasa berbeda. Setelah berkuliah cukup lama berulah mereka dituntut lebih. Singkat cerita di Semester 3, mereka dituntut punya satu bisnis mapan sendiri, sebuah mata kuliah mengharuskan mereka berbisnis beneran. Dari mereka berempat satu gagas bisnis muncul. Bagaimana jika mereka membuat sepatu kulit bertema batik. Diatasnya nanti diberi akses batik: jadilah Trove Footware!

Sepatu batik

Dimulai sejak 2011, bisnis berkembang cukup pesat karena idenya masih segar. Berempat mereka diawal sudah sukses menjual banyak. Meski harga yang dibandrol tidaklah murah. Jevon menjelaskan bahwa target pasarnya mereka berumur 15- 22 tahun. Harga sepatunya dipatok berkisar Rp360.000 sampai termahal Rp550.000. Jevon menjelaskan modal awalnya cuma Rp20 juta. Siapa sangka jika sekarang brand mereka sudah punya pelanggan tetap.

Mereka mampu mempekerjakan 8 orang bagian produksi. Meski masih baru, ia mengaku, untuk pasarnya yaitu Jakarta dan Bandung, mereka memproduksi 4-5 lusin. Yang menjadi senjata utama bisnisnya apalagi kalau bukan online. Ia pun menjelaskan kenapa kita mesti berbisnis sepatu. Pertumbuhannya itu 8,3%/tahun. Ada 250 juta penduduk Indonesia meminati sepatu baik untuk gaya hidup ataupun kebutuhan. Itu pasaran potensial, jikalau dihitung pasar onlinenya, maka senilai Rp21 triliun/tahun.

"Kekuatan apa yang kita miliki? Kita tembus nilai hak paten, situs resmi dengan costumer service," jelasnya.

Sejak mulai menjual sepatu ini, mereka fokus pada sosial media populer, mulai dari Kaskus, Facebook, Twitter, dan situs sendiri. Adapula konsep direct marketing ataupun penjualan secara langsung. Mereka ikut membuka stand di event- event diselenggarakan di Jakarta. Meski sukses mereka mengaku melakukan satu pengorbanan besar. Mereka harus membagi antara bisnis, kuliah dan fakta bahwa modal mereka itu tipis.

"Dalam aktivitas kami sehari-hari juga terkadang mengalami kesulitan dalam membagi waktu, sehingga kami  terkadang harus pintar dalam mengusahakan waktu kerja yang terbaik," jelasnya.

Mereka harus mengakali waktu mereka. Juga, mereka harus mengakali uang mereka. Sebisa mungkin modal diputarnya kembali melalui penjualan.

Trove sendiri bukan seperti sepatu kulit biasanya. Karena ada tiga tema diambil dalam sepatu buatanya. Ini antara lain kulit, denim, dan ukiran batik. Kejenuhan akan sepatu kulit mendorong mereka menggunakan satu bahan lain yakni denim. 

Namun, juga satu kenyataan bahwa, bahan denim mulai sering digunakan jadi satu pembeda dalam bisnis anak muda. Jadilah mereka mengambil tema lain. Yakni menggabungkan keduanya di satu tema batik.

Sukses Trove terbukti ketika memenangi ajang Indonesia Creative Award 2013Mereka bahkan sukses bisa tembuh London, Inggris. Menjadi salah satu produk yang mewakili Indonesia diajang bernama Palapa Network di London, tahun 2013. Pengalaman paling berkesan ditambahnya yakni ketika diliput oleh pihak Trans 7 untuk acara bernama Brownies. Tantang terbesar bisnis mereka adalah masih adanya tanggapan dari masyarakat bahwa batik itu kuno, kampungan, tidak modern. 

(***)

Sumber: pengusaha.us

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar disini .


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...