Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Untung Gede Budidaya Edamame


1

Tren hidup sehat membuat makanan sarat gizi banyak dicari. Salah satunya kedelai asal Jepang, edamame. Kedelai ini kini populer selain menjadi camilan rebusan, juga dijadikan bahan jus dan sup. Potensi yang besar membuat banyak pembudidaya melirik membudidayakan tanaman ini.

Edamame atau kedelai asal Jepang kini sudah kian populer di Indonesia sebagai camilan rebus terutama di resto-resto makanan Jepang. Apalagi tren hidup sehat yang gaungnya makin terdengar membuat kedelai jenis ini banyak dicari. Edamame kini sudah makin jamak digunakan sebagai salah satu bahan baku sayur, salad, jus hingga dijadikan keripik.

Terang saja, kedelai Jepang ini memiliki kandungan protein lengkap serta anti kolesterol yang baik dikonsumsi tubuh. Ukuran polongnya lebih lebih besar dibanding kedelai pada umumnya dan rasanya lebih manis serta bulu halus pada polong lebih sedikit.

Potensi pasarnya di dalam negeri maupun untuk ekspor masih terbuka lebar. Itu sebabnya, banyak pembudidaya tertarik membudidayakan tanaman polong-polongan ini.

Salah satunya adalah Arif Marjuki asal Bogor, Jawa Barat. Dia mulai menekuni budidaya edamame sejak tahun 1994 dengan nama usahanya Artha Mitra.

Arif menanam edamame di lahan seluas 5.000 m². Menurutnya, membudidayakan edamame tidak terlampau sulit, cukup secara rutin dirawat dengan penyiraman yang teratur serta penggunaan tanah subur untuk media tanam.

Dia mengaku dapat menghasilkan panen 60 kg−70 kg edamame basah dalam kurun waktu 70 hari dan 35 kg benih untuk pembudidayaan. Hasil panen dia jual kepada para pelanggan di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bogor.

Harga jual edamame saat ini berkisar Rp 14.000 hingga Rp 15.000 per kg. Arif bilang bisa menjual 2 ton edamame per minggu. Sehingga omzetnya bisa mencapai Rp 30 juta per minggu.

Pembudidaya edamame lainnya adalah Asep Hidayat asal Bandung, Jawa Barat. Dia mengaku sudah puluhan tahun membudidayakan aneka sayuran, termasuk kedelei edamame. Pria yang akrab disapa Hidayat ini membudidayakan edamame di lahan sekitar 5 ha di Lembang.

Edamame cocok tumbuh di tempat yang berudara sejuk. Dalam sebulan Hidayat mampu menghasilkan sekitar 1 ton sampai 3 ton edamame. Hasil panen dipasok ke pasar tradisional, supermarket hingga restoran-restoran di daerah Jawa Barat. 

Hidayat mengatakan, edamame kini banyak dipesan oleh restoran-restoran yang menyajikan menu makanan Jepang. Karena ini merupakan salah satu bahan baku yang dibutuhkan dalam masakan mereka. Selain melalui pasar tradisional dan modern, Hidayat juga aktif berpromosi di situs jual beli.

Dengan harga jual sekitar Rp 14.000 per kg, dia bisa meraup omzet bisa mencapai sekitar Rp 40 juta sebulan. “Pada musim kemarau seperti sekarang pasokan sedikit paling hanya 3 ton. Jika musim penghujan bisa dua kali lipat dari itu,” ujar Hidayat.

Dataran Tinggi

Membudidayakan edamame tidak sulit. Tanaman Edamame dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi.Jenis tanah yang cocok harus memiliki drainase yang baik. Penyiraman air dan penyemprotan pestisida perlu dilakukan agar tanaman tetap sehat. Di usia 70–90 hari, edamame bisa dipanen.

Proses budidaya edamame atau kedelai Jepang terbilang tidak sulit. Tanaman Edamame dapat tumbuh dengan baik bila ditanam di dataran tinggi, minimal 200 meter di atas permukaan laut (mdpl)–500 mdpl.

Suhu optimal untuk tanaman Edamame berkisar dari 20º-30º celcius. Jenis tanah yang cocok memiliki drainase baik. Tanah tersebut harus subur, gembur, dan kaya akan bahan organik.

Arif Marjuki, pembudidaya edamame asal Bogor, Jawa Barat mengatakan, sebelum digunakan, lahan budidaya sebaiknya dibersihkan dari gulma, kotoran, dan sisa tanaman lama. Setelah itu lahan diberi pupuk kandang.

Selanjutnya, buat guludan atau bedengan kasar dengan cara dibajak menggunakan traktor. Siapkan pula sistem pengairannya.

“Bedeng berukuran sekitar 1,2 meter x 10 meter untuk jalan air ke tanaman,” ungkap Arif.

Area penanaman harus rajin disiram air. Cara penyiraman air harus basah dan jangan terlalu lembap. Paling tidak, tanah terlihat gembur dan tidak kering.

Tahap selanjutnya, buat jarak tanam 20 sentimeter (cm) x 20 cm. “Setelah itu masukkan bibit edamame ke lubang penanaman. Satu lubang satu bibit. Tutup lubang tanah dan biarkan selama tiga hari, baru disiram lagi dengan air,” imbuh Arif.

Jika proses tahapan awal sudah dilakukan, sekitar 7–10 hari akan muncul biji edamame. Setelah tumbuh biji, tanaman harus disemprot anti hama dua kali dalam satu minggu.

Bila ingkungan lahan edamame tidak rawan hama serangga dan binatang pengerat, penyemprotan anti hama cukup sekali dalam sepekan.

Asep Hidayat, pembudidaya edamame asal Lembang, Jawa Barat, biasa menanam edamame saat memasuki akhir musim penghujan.

Ia menanam edamame di atas lahan 5 hektare. Pada musim hujan, kondisi lahan masih subur dan persediaan air cukup berlimpah. Tanaman juga tak perlu disiram air.

Dalam setahun, Hidayat bisa menanam edamame dua kali hingga tiga kali. Setelah ditanam, bibit edamame akan tumbuh tunas baru pada usia dua pekan sampai tiga pekan.

Untuk menjaga dari serangan hama ulat atau serangga yang merusak daun, Hidayat menyemprotkan pestisida saat tanaman berusia satu bulan. Upaya ini dilakukan berulang dua minggu sekali agar tanaman bisa terjaga kesehatannya.

Jika semua perawatan berjalan baik, panen Edamame bisa dilakukan pada saat tanaman berumur 70–90 hari atau sampai tiga bulan.

Saat panen, Edamame biasanya berukuran 4–5 cm dan berwarna hijau. Cara memanen sama seperti tanaman sayuran, dicabut hingga akar. Dalam sebulan, Hidayat mampu memanen 1 ton-3 ton edamame. Hasil panen dipasok ke pasar tradisional, supermarket, dan restoran di Jawa Barat.

(***)

Sumber: umkmnews.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar disini .



PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...