Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Wanita Buktikan Keberhasilannya Dengan Melangkah di Startup Indonesia


0

Perempuan harus berani bergerak membuat perubahan. Paling tidak, itulah semangat yang bisa ditularkan Kartini oleh generasi-generasi selanjutnya. Di zaman serba digital, perempuan bergerak bukan melawan penjajah, melainkan membuat sebuah gebrakan. Contohnya tujuh perempuan ini. Mereka berani melawan pakem serta mengambil beragam risiko berat untuk mendirikan startup. Siapa saja tokoh perempuan itu?

1. Desty Rama Rumondang – Mussy.co

Wanita Buktikan Keberhasilannya Dengan Melangkah di Startup Indonesia - Desty Rama Rumandang - Mussy.co - Ajeng Kusuma Wardhani

Lulusan Teknik Industri Universitas Gadjah Mada ini memulai kerja di sebuah perusahaan startup. Jabatannya makin naik di tahun kedua, hingga akhirnya ia mendapat tawaran kerja di tempat lain dengan tanggung jawab yang lebih besar. Untuk ukuran lulusan baru, gaji yang fantastis diterimanya tiap bulan. Namun ia tak puas hanya dengan menerima bayaran dari orang lain. Ia punya cita-cita menggerakkan usahanya sendiri.

Lika-liku dan jatuh-bangun mendirikan perusahaan pun dilalui. Mencari-cari investor hingga hampir menyerah sempat ditempuh. Belum lagi ia harus menanggalkan pekerjaannya di perusahaan sebelumnya, meninggalkan pendapatan yang fantastis, rela memulai dari nol demi mencapai tujuan. Proses memang tak pernah berkhianat pada hasil.

Berbekal kepedulian terhadap musikus indie yang kadang termarginalkan, juga kecintaannya terhadap dunia musik, Desty lantas mampu meyakinkan investor untuk mendirikan sebuah startup bernama Mussy.co. Laman ini merupakan perusahaan teknologi yang menyediakan jasa pemesanan band/musikus secara daring.

“Kami ingin membantu para musikus lokal agar bisa diakses para costumer yang membutuhkan jasa live music seperti cafe, wedding, birthday, event, dan lain-lain,” katanya. Hingga kini, startup-nya mulai berjalan, sejak pertama didirikan pada Desember lalu. “Aku pu rela tak dibayar dulu,” tuturnya menggambarkan totalitas.

2. Cynthia Tenggara – Berrykitchen

Membikin Berrykitchen bukan berarti ia hobi di bidang masak-memasak. Cynthia justru tak menggemari kegiatan dapur itu. Sebelumnya, ia pun menjalani kehidupan normal layaknya perempuan lain, menjadi pegawai kantoran. Beberapa di antaranya pernah menjadi tim kreatif di RCTI, menjadi manajer humas di Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dan Account Manager di Groupon Indonesia. Karena suka tantangan, Cynthia lantas merintis bisnis startup yang bergerak di bidang online catering. Usahanya itu dibuka pada 2012 lalu.

Ia menamai perusahaannya Berrykitchen. Ini menjadi satu-satunya perusahaan catering di Indonesia yang menawarkan lauk berbeda-beda. Ada 15-20 menu setiap hari. Semua bisa dipesan secara online. Sejak dibuka, ratusan ribu pesanan sudah membanjir. Startup-nya lantas dikenal oleh khalayak. Perempuan kelahiran 11 September 1985 dan lulusan jurusan hubungan masyarakat di Universitas Pelita Harapan ini memang menginspirasi!

3. Diajeng Lestari – HijUp

Wanita Buktikan Keberhasilannya Dengan Melangkah di Startup Indonesia - Diajeng lestari - hijup - Ajeng Kusuma Wardhani

Hijabers pasti kenal banget dengan website HijUp.com. Website ini berisi informasi mengenai fashion muslimah dari brand-brand ternama. Nah, ternyata, pendirinya adalah Diajeng Lestari. Dia merupakan istri dari Achmad Zaky, founder Bukalapak.com.

Startup itu ia bangun dengan susah payah. Pada 2011 lalu, HijUp berdiri. Penuh lika-liku yang menyertainya. Pertama, mulai dari hanya memiliki dua karyawan, harus meyakinkan produsen, dan sebagainya. Namun ketekunan perempuan muda ini membuahkan hasil yang sangat baik. Ia bisa mempertahankan, bahkan mengembangkan perusahaannya sampai sekarang.

4. Shinta Dhanuwardoyo - BUBU.com

Wanita Buktikan Keberhasilannya Dengan Melangkah di Startup Indonesia - shinta dhanuwardoyo - bubu.com - Ajeng Kusuma Wardhani

Biasa disebut dengan Shinta Bubu. Latar belakangnya sebagai pebisnis membawanya optimistis mendirikan sebuah website bernama BUBU.com. Sebelum mendirikan website itu, Shinta mau tak mau harus berani ambil risiko mengundurkan diri dari Mojopia. Padahal jabatannya kala itu ialah CEO.

Hingga pada 2013, Bubu Ventures didirikan. CEO-nya Shinta. Bubu yang kala itu masih bergabung dengan agensi Bubu lantas melepaskan diri. Ia pun mulai menekuni perusahaannya yang kemudian dinamakan BUBU.com itu. Bahkan, hingga kini, ia masih menjabat sebagai CEO di Bubu.com.

5. Leonika Sari – Reblood

Wanita Buktikan Keberhasilannya Dengan Melangkah di Startup Indonesia - Leonika sari - redblood - Ajeng Kusuma Wardhani

Akrab dipanggil Leo, perempuan muda yang punya jiwa sosial tinggi ini dengan berani mendirikan startup yang membantu orang memperoleh donor darah atau mendorong masyarakat menyumbangkan darahnya. Nama perusahaannya adalah Reblood.

Kala mendirikan website itu, usianya baru 22 tahun. Meski tak sendiri membangun Reblood, beragam permasalahan harus siap ditanggungnya. Lika-liku mendirikan website ini pun betul-betul dirasakan. Hingga kini, website miliknya itu telah mendapatkan beberapa penghargaan. Sebab, keberadaannya menjadi solusi konkret buat mereka yang butuh diselamatkan dengan darah.

6. Aulia Halimatussadiah – NulisBuku

Wanita Buktikan Keberhasilannya Dengan Melangkah di Startup Indonesia - Aulia - Nulisbuku - Ajeng Kusuma Wardhani

Pernah dengan Nulisbuku.com? Laman ini rasanya seperti keajaiban di tengah fase. Nulisbuku.com merupakan perusahaan jasa layanan penerbitan mandiri (online self-publishing print on demand) yang ingin membantu banyak orang mewujudkan impiannya menerbitkan buku. Lantas, buku-buku itu bakal diterbitkan. Penulis tak dipungut biaya sedikit pun.

Nah, di balik pendiri website itu, ternyata ada nama Aulia. Ia memang hobi menulis. Selain itu, perhatiannya terhadap penulis indie pun besar. Karenanya, dengan kemampuan penguasaan teknologi yang dimiliki serta digabung dengan kegemaran menulis, ia bertekad mendirikan sebuah tempat yang mewadahi para penulis.

7. Veronika Linardi – Qerja

Wanita Buktikan Keberhasilannya Dengan Melangkah di Startup Indonesia - Veronika Linardi - Qerja - Ajeng Kusuma Wardhani

Qerja didirikan guna meningkatkan tingkat kepuasan karyawan Indonesia terhadap tempat kerjanya masing-masing. Tingkat kepuasan tersebut tentu berkaitan dengan kebahagiaan karyawan. Karena itu, Qerja menghimpun database yang terdiri atas ribuan data gaji dan review tempat kerja dari sumber yang paling akurat, yakni karyawannya.

Qerja meminta para pengguna internet menjadi narasumber utama, tempatnya bekerja. Karena itu, beragam review tentang perusahaan bisa didapat di sini. Privasi reviewer pun aman. Nah, pendiri startup yang bisa dibilang berani ini ternyata didirikan seorang perempuan. Namanya Veronika Linardi. Ia merancang website hingga meluncurkannya pada April 2014.

Selama itu, sudah banyak orang yang mengakses websitenya. Ia melihat ceruk, orang sering mencari gaji yang ditawarkan perusahaan. Karena itu, banyak orang mampir di websitenya buat mencari tahu informasi sebuah perusahaan.

Menginspirasi banget ya mereka semua. Kalau kamu, kapan akan mulai bergerak?

(***)

Sumber: idntimes.com


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...