Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Jangan Sampai Keliru, Inilah Perbedaan Antara E-Business dan E-Commerce


0

E-Business adalah kegiatan bisnis yang transaksi bisnis nya secara elektronik melalui internet, komputer, atau jalur komunikasi digital lainnya untuk melakukan suatu kegiatan jual beli barang. Istilah ini tumbuh di tahun 1970an melalui teknologi seperti Electronic Data Interchange (EDI) dan Transfer Dana Elektronik (TDE). Dan di tahun 1980an mulai berkembang yang biasa kita kenal dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), pertumbuhan kartu kredit, hingga telepon perbankan.

Sedangkan E-commerce adalah untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa melalui internet. Jadi E-commerce hanya menciptakan situs web yang mengiklankan dan mempromosikan suatu produk. E-commerce melibatkan transfer dana eletronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan menggunakan jaringan internet.

Perbedaan antara E-Commerce dan E-Business:

1. E-Business lebih luas ruang lingkupnya dibandingkan E-Commerce yang hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari E-Business


2. E-Commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti misalnya membeli, menjual barang ataupun jasa melalui internet.


3. Sedangkan E-Business mencakup tentang pemasaran, promosi, perancangan produk, hingga evaluasi layanan konsumen


4. E-Commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan dan pertukaran uang dengan cepat, sedangkan dalam E-Business transaksi uang tidak diperlukan.

Istilah E-Business sebenarnya berkaitan dengan E-Commerce yang melakukan bisnis secara elektronik. E-commerce didasarkan pada pemrosesan elektronik dan transmisi data, teks, bunyi, hingga video. Pada akhir 2000, banyak orang Eropa dan perusahaan bisnis Amerika menawarkan jasa mereka melalui World Wide Web. Sejak saat itu orang mulai mengaitkan kata “e-commerce” dengan kemampuan membeli barang melalui internet menggunakan protocol aman dan layanan pembayaran elektronik.

Saat ini masyarakat lebih akrab dengan E-commerce karena mudah untuk dijalankan dan telah menjamur dimana mana. Sebuah perusahaan E-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan produk, tetapi juga adanya manajemen yang handal dan jasa layanan logistikyang tepat waktu. Nah jika Sobiz tertarik untuk berbisnis di bidang E-commerce, Sobiz wajib perhatikan faktor-faktor berikut ini:

1. Menyediakan harga yang bersahabat

2. Bekerja sama dengan jasa layanan logistik yang handal

3. Adanya kemudahan dalam sistem perdagangan

4. Menyediakan fitur/kolom informasi mengenai barang dan jasa secara spesifik.

Itulah tadi pengertian mengenai E-commerce dan E-business serta perbedaan keduanya yang wajib untuk Sobiz ketahui. Sobiz juga dapat bergabung bersama komunitas Smartbisnis. Di sini, Sobiz akan mendapatkan berbagai tips, trik dan dukungan serta bantuan dalam bentuk pinjaman modal mudah untuk memulai usaha Sobiz.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi www.smartbisnis.co.id dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Sobiz.

 

PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar