Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Melirik Peluang Usaha Penginapan Di Desa Wisata


0

Indonesia adalah negara yang memiliki begitu banyak potensi wisata, sehingga ramai sekali jumlah wisatawan lokal ataupun mancanegara yang memilih menghabiskan liburannya ke destinasi wisata di Indonesia. Besarnya kunjungan wisata ke segala penjuru Indonesia tersebut menjadi salah satu peluang usaha untuk mengembangkan bisnis yang mendukung fasilitas wisawatan, salah satunya adalah bisnis penginapan.

Ternyata bisnis penginapan ini tidak hanya laris di dekat pantai ataupun gunung, banyaknya objek wisata Indonesia yang berada di pelosok desa, membuat beberapa kepala desa di Indonesia menciptakan yang namanya desa wisata. Konsep desa wisata adalah destinasi yang berada di pelosok desa dan menjual beberapa kebudayaan yang telah lama ada di desa tersebut.

Hal ini menjadi peluang usaha bagi Sobiz yang ingin membuka tempat penginapan untuk para wisatawan, namun dengan modal terbatas. Selain membantu mengembangkan wisata desa, bisnis yang dibuka di wilayah pedesaan ini juga memiliki pendapatan yang sangat banyak apabila Sobiz dapat bekerja sama dengan kepala desa setempat. Wisatawan pun akan lebih tertarik menginap di tengah desa, karena biayanya yang murah dan suasana asri alam pedesaan yang jarang ditemui di kota-kota besar.

Target market penginapan di tengah desa wisata adalah orang-orang kota yang merindukan suasana pedesaan, mereka akan senang ketika melihat para petani menjalani kehidupan sehari-hari di sawah, ditambah lagi anak-anak yang biasa hidup di kota akan belajar dengan mengamati kehidupan masyarakat pedesaan yang serba sederhana. Salah satu contoh desa wisata yang sudah berkembang dengan bisnis penginapan adalah sebagai berikut:

1. Kampung Sidemen di Karangasem Bali

Kampung ini dibanjiri turis lokal maupun asing demi menikmati pemandangan sawah dan Gunung Agung yang elok. Hal ini yang membuat bisnis homestay bertebaran di kampung berhawa dingin ini.

2. Desa Adat Baduy di Banten

Desa ini menawarkan kehidupan suku pedalaman Baduy yaitu suku asli Banten. Wisatawan akan belajar cara hidup suku Baduy yang sangat sederhana dan tidak menggunakan teknologi maupun listrik. Desa berada di tengah hutan yang asri dan sungai yang sangat jernih. Wisatawan juga dimanjakan dengan kerajinan tangan dan minuman madu asli Baduy.

3. Desa wisata Sukamade di Banyuwangi

Desa ini merupakan kawasan taman nasional yang di dalamnya banyak sekali tanaman dan hewan yang dilindungi. Jadi wisatawan akan mempelajari ilmu-ilmu baru tentang tumbuhan hingga melihat anak penyu yang sangat dilindungi. Penginapan di desa ini berbentuk homestay dan berada di tengah hutan, sehingga wisatawan akan merasakan menginap di tengah hewan-hewan yang dilindungi.

Suasana pedesaan akan menjadi daya tarik yang hebat jika para wisatawan disuguhi seni pertunjukkan tradisional, jalan-jalan mengelilingi desa, disambut ramah-tamah, ditemani hewan dan tumbuhan yang langka, serta hidangan lezat khas daerah tersebut. Selain itu, sebagai pemilik penginapan Sobiz juga harus memastikan para wisatawan merasa nyaman dengan adanya sebuah sistem hotel management di penginapan Sobiz.

Salah satu sistem Hotel Management yang harus Sobiz coba adalah Hotelqu. Didukung oleh perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu Telkom Indonesia, Hotelqu memberikan sistem perhotelan yang dapat mengubah hotel lokal menjadi hotel yang memiliki fitur digital canggih dan modern, dengan harga yang terjangkau.

Sobiz tak perlu khawatir, walaupun modern namun sistem ini sangat User Friendly dan dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan hotel milik Sobiz. Buatlah pengunjung Sobiz merasakan pengalaman menginap di hotel lokal dengan sistem modern dari HotelQu. Jika berminat, Silakan mengunjungi situs www.smartbisnis.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Jangan lupa untuk segera bergabung bersama Smartbisnis. Di sini, Sobiz akan mendapatkan berbagai tips, trik dan dukungan serta bantuan dalam bentuk pinjaman modal mudah untuk memulai usaha Sobiz.

Jadi tunggu apalagi? Kunjungi www.smartbisnis.co.id dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Sobiz.


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar