Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli


0

Perilaku konsumen bisa dibilang merupakan sebuah kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelian suatu barang atau jasa. Nah mungkin Sobiz belum begitu paham, sebenarnya perilaku seperti apa yang masuk dalam perilaku konsumen. Pada dasarnya perilaku konsumen sangat lekat dan dekat pada setiap kegiatan pembelian, namun banyak yang belum menyadarinya.

Defisini sederhana dari perilaku konsumen adalah hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Misalnya saja ketika konsumen memutuskan akan membeli suatu barang atau jasa, tentu konsumen selalu memikirkan lebih dulu barang yang akan dibeli. Dari mulai harga, kualitas, sampai fungsi barang tersebut. Nah kegiatan tersebut yang dalam konteks memikirkan, mempertimbangkan, hingga mempertanyakan barang sebelum membeli adalah bagian dari perilaku konsumen. Kegiatan tersebut akan dilakukan oleh konsumen karena mereka tidak ingin salah dalam membeli suatu produk atau jasa.

Nah untuk lebih menjelaskan mengenai perilaku konsumen, kali ini Smartbisnis akan mencoba mengulas definisi perilaku konsumen berdasarkan para ahli berikut ini:

Engel, Blackwell dan Miniard

Menurut mereka, perilaku konsumen dapat dikatakatan sebagai tindakan-tindakan produk dan jasa yang di dalamnya mengikuti tindakan pembelian. Tindakan tersebut dapat terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengonsumsi bahkan membuang suatu produk atau jasa.

The American Marketing Association

Menurut salah satu organisasi yang terkenal ini, perilaku konsumen adalah proses membagi interaksi dinamis dari kesadaran lingkungan, di mana seseorang akan melakukan pertukaran aspek kehidupannya.

Mowen

Sedangkan menurut Mowen, perilaku konsumen merupakan aktivitas ketika salah seorang mendapatkan, mengonsumsi bahkan membuang barang atau jasa saat setelah proses pembelian.

Schiffman dan Kanuk

Menurut mereka berdua, perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilalui oleh pembeli dari mulai mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi serta bertindak pada suatu produk dan jasa tertentu.

Pada dasarnya, perilaku konsumen dibagi menjadi dua. Pertama adalah perilaku konsumen yang bersifat rasional, perilaku konsumen ini memiliki tindakan dalam pembelian suatu barang dan jasa yang mengedepankan aspek-aspek konsumen secara umum, seperti tingkat kebutuhan yang mendesak serta daya guna produk itu sendiri. Sedangkan yang kedua adalah perilaku konsumen irrasional, adalah perilaku konsumen yang mudah terbujuk oleh diskon atau promosi yang menggoda dari suatu produk  atau jasa tanpa mementingkan aspek kebutuhan.

Nah itulah beberapa definisi dan penjelasan mengenai perilaku konsumen. Bagi Sobiz yang memiliki usaha bisnis, wajib sekali mengetahui perilaku konsumen agar lebih bijak dalam menentukan strategi bisnis. Selain itu, Sobiz juga bisa mencari lebih lanjut mengenai informasi seputar bisnis, peluang usaha, hingga tips lainnya untuk mengembangkan usaha dengan mengunjungi situs www.smartbisnis.co.id 

Semua informasi yang dibutuhkan seputar dunia bisnis hingga pinjaman modal mudah juga bisa Sobiz dapatkan jika bergabung bersama komunitas Smartbisnis.

Jadi tunggu apalagi? Kunjungi www.smartbisnis.co.id sekarang juga! 


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar