Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Ternyata Inilah Penyebab Usaha Gagal Dalam 5 Tahun, Dan Berikut Ini Cara Mengatasinya


0

Dalam dunia usaha, tidak sedikit perusahaan yang mengalami kebangkrutan atau gagal dan berujung gulung tikar sebelum mencapai umur 5 tahun sejak perusahaan tersebut didirikan. Dalam ulasan kali ini, Smartbisnis akan menjelaskan beberapa situasi dan penyebab terbesar perusahaan bangkrut sebelum menginjak umur 5 tahun.

Situasi pertama adalah keadaan dimana perusahaan yang sering tidak mencapai BEP atau Break Even Point. Situasi adalah keadaan dimana jumlah pendapatan dan biaya pengeluaran terhitung dalam skala yang cenderung sama atau seimbang sehingga tidak menimbulkan keuntungan maupun kerugian pada perusahaan. BEP biasanya pebisnis gunakan untuk menghitung banyaknya jumlah barang yang diproduksi dan banyaknya pemasukan yang seharusnya diterima oleh perusahaan agar perusahaan mengalami  keuntungan. BEP ini harus diperhatikan setiap komponen pentingnya, dari mulai biaya tetap, variable cost, hingga selling price

Situasi kedua terjadi ketika ROI terlalu lama dan tidak mencapai target. Return on Investment yang tidak mencapai target sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup perusahaan. ROI adalah kemampuan sebuah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan secepat mungkin untuk digunakan menutup jumlah investaso yang telah dikeluarkan. Ketidakmampuan perusahaan dalam mencapai target tersebut yang mengakibatkan perusahaan tersebut terancam mengalami kebangkrutan.
Nah untuk mengatasi situasi tersebut, Sobiz bisa menggunakan cara cara berikut ini agar perusahaan atau usaha bisnis yang sedang dijalani dapat berumur panjang.


1.  Kritis memilih usaha

Sobiz harus teliti dalam memilih dan menentukan ide bisnis yang akan dijalani. Carilah referensi dari manapun yang bisa memberikan masukan ide bisnis yang segar. Selain itu, Sobiz bisa bergabung bersama komunitas Smartbisnis untuk berbagai informasi peluang usaha yang menjanjikan. Dengan menambah wawasan dan pengetahuan tersebut, Sobiz dapat meningkatkan kemungkinan perusahaan Sobiz dapat bertahan diatas 4 tahun.

2.  Persiapan lebih matang

Setelah menambah wawasan bisnis, melakukan persiapan diri sendiri juga tidak kalah penting. Sobiz harus turun langsung ke lapangan sehingga bisa langsung praktek, tidak hanya sekedar mengetahui teori. Dengan mengaplikasikan ilmu yang didapat, secara otomatis Sobiz juga akan belajar secara langsung bagaimana menjalankan perusahaan dengan baik. Seperti misalnya cek harga kompetitor, survey produk ke pelanggan, hingga menghitung seberapa banyak konsumen yang akan dimiliki.

3.  Proses pembentukan tim

Banyak orang berpendapat bahwa sumber daya manusia bisa datang dari mana saja yang terpenting berpengalaman dan memenuhi syarat akademik. Namun Sobiz juga harus memerhatikan aspek psikologis calon karyawan, pilihlah orang-orang yang memiliki semangat kerja tinggi, loyal, tertib, dan berdedikasi tinggi.

4.  Pelajari contoh laporan keuangan

Cobalah untuk menguasai ilmu-ilmu ekonomi seperti manajemen, akuntansi. Ilmu tersebut akan berguna untuk menghitung uang masuk dan keluar perusahaan, uang investasi, modal awal, cara mencapai BEP dan ROI yang cepat, atau hal finansial lainnya. Sobiz harus mulai terbiasa untuk membuat laporan keuangan baik uang masuk atau uang keluar.

5.  Selalu inovasi

Tuntutlah diri sendiri agar selalu lebih kreatif dan inovatif. Karena dalam berbisnis dibutuhkan ide-ide yang fresh dan orisinil untuk kemajuan usaha yang Sobiz jalani. Inovasikan produknya, inovasikan pelayanannya, inovasikan tempatnya, hingga inovasikan kemasannya.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa membuat perusahaan Sobiz bangkrut sebelum menginjak 5 tahun, dan cara cara apa yang harus Sobiz lakukan untuk mencegahnya. Jika Sobiz masih bingung cara memulai usaha, maka segera bergabung bersama Smartbisnis. Di sini, Sobiz akan mendapatkan berbagai tips, trik dan dukungan serta bantuan dalam bentuk pinjaman modal mudah untuk memulai usaha Sobiz.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi www.smartbisnis.co.id dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Sobiz.
  

PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar