Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Tips Melakukan Pinjaman Modal Dengan Menggadai Barang Berharga


0

Banyak pengusaha sukses yang berawal dari modal nekat hanya dengan konsep dan belum memiliki dana cukup. Jika Sobiz ingin membuka usaha namun belum memiliki modal cukup, maka salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menggadai barang berharga. Situasi seperti itu sah-sah saja karena Sobiz harus mendapatkan dana tunai dengan cepat untuk modal usaha.

Saat ini marak berdiri tempat gadai, mulai dari tempat gadai BUMN, swasta, atau dalam bentuk aplikasi online pun ada. Namun sebelum Sobiz mulai bergerak ke tempat gadai, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar barang berharga yang digadaikan tidak sia-sia.

1.   Keamanan

Pastikan tempat penggadaiannya membuat Sobiz merasa aman dan nyaman, baik itu kerahasiaan data pribadi yang tidak boleh disebarkan ke pihak lain dan tejaminnya keamanan barang yang digadaikan. Tentu Sobiz tidak ingin kehilangan barang yang digadaikan, maka pastikan tempat gadai yang dipilih memiliki kredibilitas.

 

2.   Perhatikan syarat dan ketentuan

Setiap lembaga keuangan pasti memiliki persyaratan khusus yang sangat banyak. Sebaiknya Sobiz telah mengerti syarat dan ketentuan yang berlaku di tempat gadai tersebut sebelum memutuskan untuk menggadaikan barang. Periksa seluruh surat-surat fisik dari barang berharga Sobiz yang ingin digadaikan, karena barang Sobiz tidak akan diterima jika tidak memiliki surat-surat yang lengkap. Perhatikan juga persyaratan di tempat gadai, jangan sampai ada beberapa syarat yang justru malah merugikan Sobiz.

 

3.   Biaya Gadai

Setiap tempat gadai memiliki beberapa kebijakan mengenai biaya. Sistem gadai adalah sistem sewa titip, dan akan mengenakan biaya sewa atau biaya titip per 15 hari dengan jatuh tempo 120 hari. Bila terlambat dari jatuh tempo, tentu akan dikenakan biaya denda. Setiap kali melakukan gadai juga akan dikenakan biaya administrasi. Pastikan jika Sobiz memahami seluruh biaya-biaya yang disyaratkan di tempat gadai.

 

4.   Nilai taksiran

Setiap tempat gadai menerapkan nilai taksir, dan dana pinjaman yang didapat sekitar 80-85% dari nilai taksir tersebut. Jadi pastikan bahwa barang berharga yang Sobiz gadaikan memiliki nilai taksir yang cukup untuk membuka usaha yang Sobiz inginkan.

 

5.   Waktu barang digadaikan

Sobiz lah yang paling tahu berapa lama barang berharga Sobiz akan digadaikan dan berapa lama usaha milik Sobiz bisa balik modal sehingga dapat membayar biaya yang Sobiz pinjam. Tempat gadai sangat praktis dan tidak butuh waktu lama untuk mencairkan dana, namun jangan sampai terlena karena jatuh tempo sekitar 4 bulan atau 120 hari.

Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Sobiz menggadaikan barang untuk memulai bisnis. Jika Sobiz masih bingung cara memulai usaha, maka segera bergabung bersama Smartbisnis. Di sini, Sobiz akan mendapatkan berbagai tips, trik dan dukungan serta bantuan dalam bentuk pinjaman modal mudah untuk memulai usaha Sobiz.

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi www.smartbisnis.co.id dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Sobiz.

 

PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar