Chat with Us

Aktifkan STARBOX

4 Cara Berfaedah Alokasikan Dana THR Kamu


0

Sering kali, uang tunjangan hari raya (THR) yang diperoleh pegawai negeri sipil (PNS) hingga karyawan swasta saat lebaran ludes begitu saja. Banyak orang yang bilang, ketika THR cair ibarat air yang langsung mengalir begitu saja. Apalagi, sejumlah pusat perbelanjaan menggelar midnight sale dengan diskon menggiurkan.

Biar uang THR lebaran 2018 aman dan tidak hanya numpang lewat, perlu cermat dalam mengalokasikannya. Ibarat gaji ke-13 bagi karyawan swasta, THR bukanlah 'uang kaget' yang harus dihabiskan saat itu juga.

Nah, Ramadan tahun ini, apa yang akan kamu lakukan setelah menerima THR? Selain belanja baju Lebaran dan tiket mudik, beberapa ide ini bisa kamu lirik:

1. Kebutuhan mudik

Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia Shierly Ge, menyarankan THR dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan utama hari raya yang telah dialokasikan sejak awal. Misalnya, membayar zakat, membeli makanan atau kue lebaran, biaya transportasi mudik, berwisata bareng keluarga, hingga angpau bagi saudara-saudara yang masih kecil.

Kebutuhan lain yang tidak terlalu penting misalnya membeli baju baru atau perhiasan, sebaiknya dikesampingkan terlebih dahulu. Begitu pula dengan pembelian gadget baru, disarankan untuk tidak menjadi prioritas. Ingat, beli barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.

2. Lunasi hutangmu

Saat Ramadan, banyak orang mencari ketenangan batin dan pikiran. Agar batin dan pikiranmu senantiasa tentram bahkan setelah Lebaran, gunakan THR untuk melunasi hutang. Ayo dipikir-pikir, apa kamu ada hutang kartu kredit atau hutang pada teman, tetangga atau saudara?

Jika jumlah THRmu bisa segera melunasi hutang tersebut, Alhamdulillah! Jika tidak, setidaknya bebanmu akan berkurang. Selain hutang materi, kamu juga bisa memanfaatkan THR untuk membalas hutang jasa. Misalnya memberikan baju muslim, parsel atau kue Lebaran kepada asisten rumah tangga dan orang yang telah membantumu.

3. Tabungan atau investasi

Sebaiknya THR kamu juga dapat dialokasikan terlebih dahulu untuk investasi dan tabungan. Setidaknya berkisar antara 10%-50% dari total uang THR yang diterima. 

Investasi dapat berupa membeli logam mulia, reksa dana, hingga deposito dan saham. Kebiasaan investasi perlu dilakukan agar uang THR tidak habis begitu saja.

Dana THR juga disarankan untuk ditabung. Khususnya untuk kebutuhan dana darurat, pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) setiap tahun, hingga kurban.

4. Beli asuransi pribadi

Bagi yang tidak mendapatkan fasilitas asuransi dari kantor, saatnya kamu membeli asuransi pribadi dengan THR. Mungkin sebagian dari kalian merasa sayang menggunakan THR untuk sesuatu yang tidak kasat mata, alasannya gaji sudah pas-pasan masih harus bayar asuransi. Eits, justru karena gajimu pas pasan maka kamu butuh asuransi!

Sebenarnya, pas-pasan atau tidak, asuransi sangat penting agar kamu tidak kelabakan mencari dana untuk berobat. Apalagi jika ternyata kamu harus operasi. Selain untuk diri sendiri, lakukan ini untuk keluargamu sehingga mereka tidak harus pinjam uang sana-sini untuk biaya berobatmu. 

Begitulah empat cara menggunakan dana THRmu dengan bijak. Semoga bermanfaat jelang hari raya, Sobiz. (inf)

(***) 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar