Chat with Us

Aktifkan STARBOX

7 Tips Penting Berolahraga Untuk Pemula


0

Menurunkan berat badan dan menjaga badan agar tetap sehat dengan berolahraga lebih penting dibanding hanya sekadar mengikuti gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat akan meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes dan lainnya.

Namun, berolahraga setiap hari bukanlah kebiasaan yang mudah dibangun.

Jadi, jika kamu berencana untuk mulai berolahraga untuk pertama kalinya, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar tetap berada di jalur yang benar dalam mencapai kebugaran yang diinginkan seperti dilansir dari Liputan6.com, Jumat (29/9/2017).

1. Pilih sepatu yang tepat

Sepasang sepatu atletik yang tepat akan membantu kamu untuk memulai berolahraga. Sepatu yang memiliki shock absorption akan mengurangi tekanan berlebihan pada kaki kamu sehingga memperkecil terjadinya ketegangan otot dan cedera.

2. Pakaian olahraga yang nyaman

Ketika kamu memilih pakaian olahraga, kamu bisa mengutamakan fungsi dibanding estetika pakaian. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini perusahaan pakaian olahraga sudah mempertimbangkan keduanya. Anda dapat memilih pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik sehingga bisa mencegah infeksi jamur.

Dan jika kamu seorang wanita, kamu disarankan untuk memilih bra olahraga yang bagus. Bra yang olahraga yang bagus diharapkan mampu menopang payudara sehingga tidak mengganggu kamu saat bergerak dan sekaligus menghindari sakit punggung.

3. Seminggu 2 kali

Sobiz, kamu dapat memulai olahraga dengan 2 kali latihan setiap minggunya. Kamu mungkin berpikir, apa gunanya? Tapi keseluruhan konsep ini akan membuat kamu terbiasa sebagai pemula.

Jadi, pilihlah dua hari dalam seminggu (sesuai dengan kenyamanan kamu), dan berolahraga setidaknya selama setengah jam pada hari-hari itu. Kamu dapat meningkatkannya menjadi 3 hari (dan kemudian 4hari) setelah terbiasa.

4. Waktu yang tepat

Waktu yang tepat adalah waktu yang sesuai dengan kemampuan kamu untuk berolahraga, setiap orang berbeda-beda. Kamu bisa memilih waktu yang paling kamu suka dan bisa rutin melakukannya. Kamu tidak disarankan memilih waktu saat kamu biasanya lelah. Hal ini akan membuat kamu malas dan ingin melewatkan latihan.

5. Cari teman

Kamu bisa mencari teman berolahraga untuk saling mengingatkan, memberi motivasi dan saling bertanggungjawab terhadap rutinitas yang sudah disepakati bersama. Dan jika kamu tidak memiliki teman latihan, mintalah teman untuk mengingatkan rutinitas latihan kamu.

6. Bereksperimen dengan berbagai jenis latihan

Kamu tentu lebih senang melakukan apa yang kamu suka daripada yang tidak kamu suka. Untuk pertama kalinya, kamu bisa mencoba berbagai jenis olahraga seperti Zumba, kickboxing, yoga, dan gym, sampai kamu menemukan yang paling disukai. Setelah kamu menemukannya, kamu harus mematuhi komitmen untuk berolahraga.

7. Belilah peralatan

Suatu saat, kamu mungkin tidak dapat berolahraga di luar rumah atau tempat latihan terlalu jauh dari rumah dan kamu malas ke sana. Kamu bisa mengantisipasinya dengan seperangkat peralatan olahraga di rumah sehingga tetap bisa berolahraga dengan rutinitas sederhana.

Kamu bisa membeli peralatan sederhana seperti : dua set dumbel (satu ringan dan satu sedikit lebih berat), tali melompati dan matras latihan untuk membantu kamu melakukan sit-up yang nyaman.

(***)

Sumber: Liputan6.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.



PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar