Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Daftar Resolusi Keuangan yang Cocok Buat Kamu di 2018


0

Tahun 2017 sudah berakhir dan kini tahun 2018 telah dimulai. Layaknya tahun baru, betapa lumrahnya apabila kamu mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan menyusun resolusi mengenai apa yang ingin kamu capai tahun ini.

Nah, tidak ada salahnya pula kamu menyusun resolusi keuangan untuk tahun 2018. Sehingga, pengelolaan keuangan kamu akan lebih baik, terbebas dari utang, dan persiapan masa depan pun tak tertinggalkan.

Berikut ini adalah 6 resolusi keuangan yang dapat kamu lakukan di tahun 2018 ini.

1. Jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Dalam hal keuangan, membandingkan kondisi kamu dengan kondisi orang lain bukan hal yang baik. Misalkan teman atau keluarga kamu ada yang memiliki mobil bagus, rumah lebih besar, atau liburan lebih sering, jangan bandingkan semua itu dengan kamu.

Kalau ingin membandingkan diri, bercerminlah lalu pandang diri sendiri. Pikirkan beragam pencapaian keuangan yang telah kamu raih tahun lalu dan pasang target untuk mencapai hal yang lebih besar di tahun ini.

Baca Juga: Jangan Lupakan 5 Hal Ini Saat Kamu Bikin Resolusi 2018

2. Otomasikan tabungan

Sebagian perencana keuangan merekomendasikan kamu memiliki tabungan darurat sebesar enam bulan pendapatan. Kalau angka itu terlalu berat untuk kamu, menabunglah sedikit demi sedikit.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah pastikan apakah bank tempat kamu menabung memiliki fitur autodebet tabungan. Kalau mereka memilikinya, jangan sia-siakan fitur itu dan gunakanlah untuk kamu menabung.

3. Siapkan dana pensiun

Ada perusahaan yang memberikan dana pensiun bagi karyawannya, ada pula yang tidak. Kalau perusahaan kamu tidak memberikan dana pensiun, persiapkanlah sendiri sedini mungkin.

Jangan sungkan mempersiapkan tabungan pensiun meski kamu masih muda. Bukalah rekening khusus untuk tabungan pensiun, di mana kamu bisa menyisihkan pendapatan atau keuntungan investasi kamu untuk masa depan nanti.

4. Gunakan kartu kredit dengan bijak

Apabila kamu memiliki kartu kredit, pastikan menggunakannya dengan bijak dan membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Untuk memperoleh manfaat, tidak ada salahnya memilih kartu kredit yang menawarkan poin atau reward berupa liburan.

Pastikan pula kamu hanya menggunakan kartu kredit dengan besaran tagihan yang mampu kamu lunasi setiap bulannya. Pastikan pula kamu mengetahui reward atau manfaat yang kamu peroleh dari kartu kredit kamu.

5. Manfaatkan aplikasi perencanaan keuangan

Jika kamu kesulitan mengatur keuangan kamu, tidak ada salahnya memanfaatkan teknologi. Melalui ponsel pintar, kamu bisa mengunduh beragam aplikasi yang dapat membantu kamu dalam merencanakan atau mengatur keuangan.

Ada sejumlah aplikasi yang membantu kamu menyusun anggaran, memilah pos belanja, dan melihat di pos mana kamu bisa menghemat dan menggunakan dananya untuk ditabung. Ada pula aplikasi keuangan khusus untuk kaum wanita.

6. Mulai investasi

Ada pandangan bahwa kamu harus punya banyak uang untuk berinvestasi, yang faktanya pandangan itu salah. Kamu bisa berinvestasi hanya dengan besaran uang yang sedikit.

Ada sejumlah produk investasi yang tidak memerlukan dana besar, semisal reksa dana. Gunakan sedikit penghasilan kamu untuk diinvestasikan, yang hasilnya nanti akan dapat kamu nikmati.

(***)

Sumber: kompas.com 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar