Chat with Us

Aktifkan STARBOX

E-commerce Manfaatkan Imlek untuk Dorong Penjualan


0

Menjelang perayaan Tahun Baru China 2569 yang jatuh pada 16 Februari 2018, penjualan e-commerce diprediksi akan mengalami kenaikan. 

Public Relation Manager Bukalapak, Evi Andarini, mengatakan kenaikan penjualan menjadi hal yang lumrah jelang Imlek.

Promo atau potongan harga tersebut biasanya akan membuat calon pembeli lebih tertarik untuk berbelanja. Hal senada juga diungkapkan Digital PR Manager blanja.com Rieka Handayani.

Menurut dia, tidak hanya Imlek, Hari Valentine juga turut mendorong penjualan. Momen-momen ini juga dimanfaatkan oleh blanja.com untuk memberikan sejumlah promo.

"Naiknya 30-40% dari reguler. Karena di Februari ini kami kemas di dua momen besar (Imlek dan Valentine)," ujar Rieka, dilansir dari Kumparan.com, Jum'at (16/02/2018).

Menurut Rieka, berdasarkan riset yang dilakukan pihaknya, ada 6 produk yang paling laris manis di pasaran. Yang pertama adalah kebutuhan sehari-hari. Terdapat 28% konsumen yang berbelanja untuk memenuhi kategori ini. 

Sedangkan di peringkat kedua, sebanyak 18% konsumen memilih untuk berbelanja emas. Persentase yang sama juga terlihat di kategori smartphone dan pakaian. Sedangkan 9% konsumen memilih untuk membeli tas, kemudian kategori seserahan juga 9%.

Selain itu, Rieka juga menjelaskan, produk-produk tersebut biasanya tidak hanya dibeli untuk diri sendiri. Banyak konsumen yang mengaku membeli produk untuk orang-orang terdekatnya.

"Yang paling banyak untuk pacar, itu 50%. Sedangkan 25% mengaku berbelanja untuk anak, 11% untuk istri, 7% untuk ibu, 4% untuk keponakan dan 4% untuk kakak atau adik," ujarnya.

Sedangkan cara konsumen untuk dapat berbelanja juga terbilang unik. 35% konsumen mengaku berbelanja dari uang hasil menabung.

"Tapi 29% lainnya dari minta pacar. Ada juga 12% yang mengandalkan sale," ujar Rieka. Ada pula konsumen yang memanfaatkan kartu kredit yaitu sebanyak 6%, minta suami 6% dan minta orang tua 12%.

Humas Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Ria, menjelaskan adanya momen-momen besar seperti Imlek memang biasanya dimanfaatkan para pelaku e-commerce memberikan beragam penawaran pada konsumen. 

Pasalnya, perayaan Imlek merupakan momen sensasional yang juga sama seperi Hari Raya Lebaran maupun Natal.

"Secara umum, seharusnya ada demand yang lebih mengingat Imlek kan momen seasonal seperti Natal, Lebaran dan tahun baru. Ditambah biasanya pelaku akan membuat promo penawaran khusus di momen seasonal tersebut," tutupnya.

(***)

Sumber: Kumparan.com 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar