Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Kurangi Bahaya Duduk Terlalu Lama. Ini Resikonya!


0

Apakah kamu pernah merasakan rasa sakit berlebihan di bagian pinggang ke bawah?

Pada dasarnya, duduk termasuk suatu sikap tubuh dimana anggota tubuh bagian bawah menempel pada alas, seperti lantai atau kursi dan tubuh juga tidak berada dalam keadaan berdiri.

Biasanya kegiatan duduk ini dilakukan ketika kita dihadapkan dalam berbagai kondisi. Kondisi paling umum adalah ketika kita merasa lelah untuk berdiri, menyetir, dan juga pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Rata-rata duduk juga merupakan salah satu metode untuk relaksasi yang biasa dilakukan.

Ketika kita sedang duduk tubuh kita tidak bekerja terlalu berat, sehingga memungkinkan tubuh kita untuk berelaksasi lebih baik lagi. Namun demikian, ternyata ada batasan batasan tertentu untuk melakukan kegiatan duduk ini. Paling tidak kita harus bisa melakukan gerakan bervariasi antara duduk dan berdiri, dan disarankan untuk tidak duduk secara terus menerus lebih dari 4 hingga 6 jam.

Resikonya antara lain:

1. Picu kolesterol dan juga obesitas

Obesitas alias kegemukan atau penyakit kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh kondisi dimana ketika kita duduk terlalu lama, maka proses metabolisme di dalam tubuh kita pun tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan pembakaran lemak pun menjadi tidak optimal.

Proses metabolisme tubuh yang tidak optimal ini dapat menyebabkan tertimbunnya lemak di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan obesitas. Lebih lanjut, lemak yang menumpuk di dalam tubuh ini dapat menyebabkan terjadinya ciri ciri kolestrol tinggi, yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

2. Menyebabkan keletihan yang berlebihan

Keletihan ini diperoleh dari kondisi tubuh yang tidak bergerak sama sekali, sehingga menyebabkan gerakan tubuh menjadi sangat monoton dan juga tidak bervariasi. Kondisi ini yang dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa letih dan juga lelah ketika harus duduk terlalu lama.

3. Otot tubuh terasa kaku dan pegal

Bisa memunculkan rasa pegal dan juga kaku pada otot tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh kondisi dimana tubuh mengalami sikap duduk yang tidak bergerak, sehingga menyebabkan otot tubuh tidak mengalami variasi gerakan dan hanya berada pada posisi statis saja.

Apabila kondisi ini dibiarkan dan juga tidak dicegah, maka kemungkinan otot tidak hanya kaku pada saat duduk saja, namun juga saat melakukan aktivitas yang lainnya juga akan terasa kaku.

4. Kebosanan

Rasa bosan yang berlebihan ini muncul karena adanya posisi tubuh yang statis dan monoton selama beberapa jam. Selain mata yang lelah, serta tubuh yang bisa terasa sakit maka kita juga dapat merasakan kebosanan yang berlebihan ketika kita terlalu lama duduk. (dew)

(***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar