Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Mau Hidup Lebih Tenang? Hilangkan Stres dari Pikiran dengan Cara Ini


0

Pekerjaan yang menumpuk dituntut dengan deadline yang padat kerap kali menyiksa fisik dan mental kamu. Terkadang kamu hanya mampu meratapi nasib terhadap apa yang harus kamu kerjakan setiap harinya.

Hal tersebut tentunya akan membuat kamu menjadi stres memikirkan segala sesuatu yang tak kunjung terselesaikan. Dengan stres justru pekerjaan kamu tidak akan berjalan dengan baik. Kamu justru akan semakin terbebani dengan pekerjaan yang kamu miliki.

Namun, semua masalah tentu bisa diatasi. Menyadur dari Express, Rabu (6/6/2018), kami akan membagikan tujuh cara efektif yang ampuh mengurangi stres.

1. Menulis daftar yang akan dilakukan

Menulis daftar hal yang harus dilakukan dapat membantu kamu merasa terorganisir dan mengendalikan hidup kamu. Selain itu dengan menulis daftar kegiatan akan memberikan perasaan tenang karena bisa melewatkan berbagai item yang harus dikerjakan.

2. Beristirahat cukup

Stres dan insomnia memiliki hubungan yang saling merusak satu sama lain. Oleh sebab itu pastikan kamu untuk beristirahat selama delapan jam per malamnya. Hal ini dapat mengurangi ketegangan dan meningkatkan produktivitas

3. Makan siang dan mengganti menu kopi menjadi teh

Kamu perlu beristirahat atau hanya sekadar makan sandwich. Seorang konsultan Psikiater, De. Dimitrios Paschos dari Cognition Health mengaku sangat penting untuk membiarkan diri kita untuk istirahat makan siang dengan layak. Pasalnya kinerja mental kita akan menurun jika tidak beristirahat.

4. Tetap aktif

Sejumlah penelitian menunjukkan hubungan antara kesehatan fisik dan mental. Menurut NHS Inggris, agar tetap sehat, orang dewasa harus melakukan 150 menit kegiatan intensitas setiap minggunya. Laura Little dari CABA menjelaskan: "Jika kamu merasa stres, aktivitas fisik dapat membantu menjernihkan pikiran, membantu mengidentifikasi penyebab stres dan mengatasi masalah dengan cara yang lebih tenang dan efektif. Olahraga juga membantu mengatasi produksi endorphin yang menciptakan perasaan di otak. "

5. Mengorganisasi keuangan kamu

Kondisi ekonomi sangat berpengaruh pada tingkat stres meter kamu. Salah satu penyebab stres adalah masa pensiun. Kamu mungkin tahu apa yang kelak kamu lakukan setelah pensiun. Tapi terkadang kamu kebingunangan untuk memulai segalanya dari 0. Hal inilah yang menjadi masalah utama orang Indonesia.

6. Kunjungi dokter gigi

Percaya atau tidak, ketegangan emosional dapat berdampak pada kesehatan mulut kamu. Beberapa penyakit gigi dan gusi disebabkan karena mengalami stres. Dokter gigi, Dr Eddie Coyle dari Bupa Perawatan Gigi mengatakan "Stres memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh, membuat seseorang yang mengalami banyak stres lebih rentan terhadap penyakit gusi.

7. Ceritakan semua masalah

Ada baiknya jika tidak memendam masalah seorang diri. Carilah seorang teman yang enak diajak berbicara dan berbaurlah. Menurut Dr Tanya Bernstein, konselor psikolog di The Priory Hospitali, London utara. "Berbicara dapat membantu dan mengurangi sesuatu yang akan memperburuk stres.” 

(***)

SUMBER 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar