Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Pemerintah Jamin Mudik dengan Bus akan Lebih Baik Tahun Ini


0

Pada musim mudik kali ini, Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat pengguna bus untuk tidak terlalu fanatik terhadap perusahaan otobus (PO) tertentu, terutama di terminal-terminal bus selama masa mudik Lebaran 2018.

Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto, mengatakan kefanatikan itu kerap menimbulkan terjadinya penumpukan penumpang di terminal.

"(Masyarakat masih) Fanatik pada PO tertentu, kalau bus (dari PO tertentu) tidak ada, masyarakat tidak naik. Sehingga kelihatan ada penumpukan penumpang," ujar Pandu.

Ia menyatakan masih sering melihat masyarakat cenderung berlama-lama di terminal, guna menunggu bus favoritnya.

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim telah menyiapkan sebanyak 49 ribu bus umum untuk menekan angka pemudik kendaraan pribadi. Demikian diungkapkan oleh Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Pandu Yunianto. 

Adapun jumlah bus tersebut disiapkan di 47 terminal seluruh Indonesia.

"Untuk bus umum menyiapkan 49.616 unit. Dari sisi prasarana, disiapkan di 47 terminal untuk melayani ini antarprovinsi," katanya di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak sungkan menggunakan kendaraan umum karena pihaknya menjamin kondisi dari setiap bus yang berkendara tersebut.

Untuk tarif bus ekonomi sendiri pihaknya mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah. Sedangkan tarif bus non ekonomi ditetapkan sesuai mekanisme pasar.

"Untuk bus ini tidak dikenal tarifnya tapi dikasih tarif batas bawah dan atas. Tarif ini hanya berlaku bagi ekonomi tapi kalau selain itu ditetapkan mekanisme pasar," tutupnya. (inf)

(***) 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar