Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Presiden Tekankan Pentingnya Kerja Sama UMKM dan ASEAN


0

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peran sangat penting bagi perekonomian ASEAN. Sebab, 96 persen perekonomian di kawasan Asia Tenggara ini terdiri dari UMKM.

Dilansir dari Liputan6.com, Rabu (06/12/2017) Bapak Presiden RI, Jokowi Dodo menerangkan mengenai integrasi ekonomi ASEAN, kita bertugas untuk membawa UMKM ke dalam integrasi kita.

Jokowi memberikan apresiasi kepada Dewan Penasehat Bisnis ASEAN karena melihat pentingnya keberpihakan ASEAN terhadap UMKM. 

Selain itu, perhatian juga perlu diberikan untuk memberdayakan perempuan dalam UMKM.

Menurut Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Indonesia sudah sejak lama mengembangkan usaha inklusif yang menghubungkan perusahaan besar dengan UMKM di berbagai sektor.

Kemitraan

Presiden Jokowi juga berharap, kemitraan strategis antara negara-negara ASEAN dan Amerika Serikat (AS) dapat lebih memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kesejahteraan dunia. 

Mengingat kemitraan strategis ASEAN dan AS meliputi sejumlah bidang, mulai dari politik, keamanan, hingga perekonomian.

Lebih lanjut, menurut Jokowi, ASEAN juga memiliki sejumlah kelebihan dibanding kawasan lain. 

Dengan penduduk sekitar 640 juta jiwa, kawasan yang cukup stabil, dan pertumbuhan ekonomi rata-rata diatas pertumbuhan ekonomi dunia.

Dengan demikian, lanjut dia, maka ASEAN akan dapat menjadi mitra strategis AS. Dan Jokowi berharap Presiden Donald Trump berkomitmen untuk memperluas kerja sama AS dan ASEAN yang saling menguntungkan.

(***)

Sumber: Liputan6.com 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar