Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Sering Terbangun Malam? Hati-hati dengan 4 Penyakit Ini


0

Tidur nyenyak, buat sebagian orang sangat sulit, ada yang harus olahraga dulu lah, bermain games, dan nonton TV, atau sampai meminum obat tidur. Hal ini dilakukan agar mereka lelah lalu tertidur pulas. Soalnya, meskipun badan sudah 'remuk' super lelah, tapi mata kamu pun tetap terjaga.

Masalah tidur lainnya sebenarnya ada banyak. Seperti suka terbangun di tengah malam. Sukur-sukur cuma ingin kencing dan kamu bisa kembali tertidur. 

Tapi kalau kamu malah jadi segar dan tidak bisa tidur lagi hingga pagi bagaimana Sobiz?

Alhasil, kamu jadi kurang tidur dan merasa sangat lelah. Ternyata, menurut Prevention, ada beberapa penyebabnya lho! 

Bahkan ada beberapa gangguan kesehatan yang bikin kamu suka terbangun di tengah malam. Apa saja kah itu?

Nokturia

Kamu sering terbangun di tengah malam cuma karena ingin kencing? Banyak orang merasa hal ini wajar-wajar saja. Tapi ternyata, ini merupakan sebuah gangguan kesehatan yang disebut nokturia. 

Tapi, bisa disebut nokturia kalau kamu kencing 2-4 kali di tengah malam. Solusinya, lebih baik kurangi konsumsi air sebelum kamu tidur.

Stres dan Depresi

Kesehatan mental sangat penting dan berpengaruh buat sistem tubuh. Stres bisa bikin kamu terbangun di tengah malam dan tidak bisa tidur lagi, lho Sobiz.

Sementara depresi berat bisa bikin kamu merasa sangat lelah. Tapi justru tidak bisa tidur. Lebih baik, konsultasikan dirimu kepada psikiater. Sehingga kamu bisa beristirahat dalam waktu yang cukup. 

Memiliki Amarah

Kalau pernah kamu alami hal yang seperti ini, ada baiknya kamu langsung bangun dan minumlah air dingin di gelas tinggi, lalu cobalah untuk berdamai dengan kemarahanmu. 

Cari tahu situasi apa yang mengganggumu hingga kamu menyimpan amarah yang meluap-luap. Kalau kamu tidak segera menangani ‘racun-racun hati’ ini, maka organ hatimu lah yang terkena imbasnya.

Selain itu, perbaiki pola makan dan kurangi konsumsi alkohol akan membantu gangguan tidur di periode waktu ini.

Kedinginan

Suhu kamar tidur apalagi menggunakan AC sering membuat orang terbangun tengah malam. Biasanya hanya untuk mematikan AC saja. Padahal dampaknya bisa mengganggu kebugaran tubuh karena tidur kamu terganggu. 

Solusinya, saat tidur pasang suhu AC di atas 20 derajat Celsius. Gunakan kaus kaki dan selimut untuk mencegah kedinginan.

Nah, 4 permasalahan yang terjadi di malam hari ini apakah kamu mengalaminya juga, Sobiz? Hati-hati ya, jangan diabaikan begitu saja nanti berbahaya. :) (akw)

(***) 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

 


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar