Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Sudah Jalan-jalan dan Dibayar Pula, Bagaimana Sih Caranya?


0

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, masak sih backpacker itu termasuk jenis profesi? Bukankah salah satu cara jalan-jalan ini malah menguras uang, bukan menghasilkan uang.

Jika kamu merupakan salah satu dari mereka yang masih memiliki pola pikir demikian, kamu keliru. Sekarang ini banyak orang memiliki penghasilan yang cukup besar dari menjadi seorang backpacker. Ada berbagai cara untuk mendapatkan pundi pundi rupiah dari backpacker. Penasaran?

Menjadi agen travel

Buat yang sudah terbiasa dengan jalan-jalan alias backpacker, mengurus sendiri bekal perjalanan adalah hal wajib yang harus dilakukan sendiri. Nah pengalaman inilah yang bisa anda jadikan peluang bisnis dan karir untuk mendapatkan keuntungan.

Kamu bisa membuka jasa perencanaan perjalanan atau agen travel. Nggak harus punya kantor. Media sosial bisa menjadi tempat yang pas untuk ajang promosi.

Tugas yang biasa dilakukan aleh agen perjalanan bermacam-macam. Mulai dari booking tiket, menjadi tour leader, dan membuat itenerarynya.

Menjadi agen perjalanan tentu harus mengetahui resiko yang harus ditanggung. Misalnya saja saat booking tiket pesawat. Saat terjadi fluktuasi, anda bisa saja tombok karena harga yang disepakati ternyata lebih rendah dari harga tiket yang ada. Hitung secara cermat terlebih dahulu sebelum menentukan harga deal nya. Daripada rugi, iya kan?

Jadi travel blogger

Di Indonesia, travel blogger memang masih awam, meski memang sudah ada beberapa yang sukses. Biasanya, para travel blogger ini akan mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang, endorse, serta Google AdSense. Bahkan, ada juga yang mendapat untung dari merchandise yang dijual.

Bicara soal endorse, ini semacam sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui. Karena, selain bisa menambah postingan (dan tentunya, jika view banyak pemasukan juga bertambah), kita juga bisa pergi dengan gratis karena sudah ditanggung oleh sponsor.

Cara pertama untuk menjadi travel blogger adalah, asah kemampuan fotografi dan menulis kalian. Gampang kok, cukup dengan sering-sering nulis aja, nanti kemampuan akan terasah dengan sendirinya.

Sebagai awalan, kamu  enggak perlu kok jalan-jalan jauh dulu demi postingan. Tulisan soal travel bisa dimulai dari tempat terdekat, seperti kota sendiri dan sekitarnya. Perhatikan, deh, pasti ada destinasi wisata menarik terdekat.

Jadi guru Bahasa Inggris

Selain kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar, sebenarnya kamu juga harus mengantongi sertifikat tenaga pengajar yang bernama TESL (Teaching English as Second Language). Setelah itu, daftarkan diri kamu ke beberapa organisasi yang menawarkan perjalanan-mengajar ke penjuru dunia.

Salah satu yang cukup populer adalah Project Abroad yang --tentu saja-- akan mengirimkan kamu ke negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, misalnya Thailand, Korea Selatan, Jepang, Indonesia, dan Krabi. 

Dalam satu pekan, kamu akan diminta untuk mengajar selama 18 jam di beberapa tempat seperti sekolah dan panti asuhan. Tentu saja, tidak gratis lho. Sebab, dalam satu bulan, kamu bisa dibayar sekitar 1.000 USD! Dengan jam kerja yang fleksibel, kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk mencari pekerjaan lain seperti tour guide.

Kerja di kapal pesiar

Ini cukup populer sih waktu zaman SMA dulu. Selain harus bisa berbahasa asing, minimal Bahasa Inggris, kamu juga harus memiliki paspor yang sah dan memenuhi syarat untuk bekerja di negara kapal tersebut terdaftar. Salah satunya, tentu, bebas dari catatan kriminal.

Ada berbagai pekerjaan yang bisa dipilih termasuk fotografer, resepsionis, tukang service, pelayan kabin, baby sitter, dokter, dan banyak lagi. Sembari bekerja, kamu juga diperkenankan untuk menikmati fasilitas kapal yang pastinya akan super mewah serta bergaul dengan kaum konglomerat.

Biasanya, kontrak yang ditawarkan hanya 3-6 bulan saja dengan bayaran yang bervariasi mulai dari 900 USD hingga 1.600 USD. Soal info, sebenarnya bisa langsung dicek di  situs-situs resmi milik kapal tersebut atau dari situs lowongan kerja seperti www.oceanopportunities.com. (inf)

(***)

Dari berbagai sumber


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar