Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Instagram Stories Jadi Tempat Beriklan Selama Ramadan


0

Bulan Ramadan kerap menjadi momen di mana aktivitas jual beli meningkat. Di saat inilah para pengiklan juga bersaing satu sama lain untuk menggaet konsumennya. 

Facebook menjadi salah satu platform di mana para pengiklan memajang konten promosi untuk menarik konsumen. Melihat fenomena inilah Facebook bakal mendorong beberapa kanal miliknya untuk digunakan pengiklan selama Ramadan, salah satunya adalah konten video dan Instagram Stories. 

Menurut Market Science Leader Facebook Indonesia Adisti Latief, konten-konten berbentuk video memang tengah digandrungi oleh para pengguna. Bahkan konten-konten inilah yang membuat mereka betah berlama-lama bermain media sosial ini. 

Berdasarkan data yang diungkap Adisti, seperti dilansir dari Kompas.com, konten video ini bahkan mengambil 90 persen waktu pengguna di Facebook. "Kami tahu di platform kami, pembicaraan soal Ramadan itu sudah terjadi jauh-jauh hari. Brand atau para pengiklan harus memanfaatkan momentum ini," ungkap Adisti dalam acara sharing session di kantor Facebook Indonesia bersama Nestle dan Lazada, Senin (7/5/2018). 

"Saat Ramadan, ada banyak brand promosi sekaligus. Yang kami lakukan adalah ada beberapa solusi untuk membantu brand, seperti Nestle dan Lazada menang saat momen ini," lanjut Adisti. 

Adisti mengatakan bahwa sejatinya ada tiga solusi yang ditawarkan Facebook untuk para pengiklan yakni konten video, Instagram Stories dan Facebook Messenger untuk bisnis. 

Sayangnya penggunaan Facebook Messenger untuk bisnis ini masih minim peminat sehingga konten video dan Instagram Stories lah yang paling direkomendasikan. 

Senada dengan Adisti, Chief Marketing Officer Lazada Achmad Alkatiri juga mengatakan bahwa konten video dan Instagram Stories memang cukup optimal untuk beriklan. Keduanya menggunakan material serupa yang bisa dioptimasi untuk para pengguna mobile. 

Memang kebiasaan konsumen, menurut Achmad kini semakin mengarah pada penggunaan smartphone atau perangkat genggam lainnya yang lebih mudah dibawa. Bahkan traffic Lazada yang didapat dari pengguna mobile pun cukup besar. 

"Untuk Lazada sendiri kami lihat ada audiens dan segmen yang banyak menghabiskan (waktu) di Facebook dan Instagram. Banyak (traffic) yang datang dari mobile app," ungkap Achmad. 

Ia melanjutkan dengan begitu, perusahaan pun bisa lebih efektif lagi dalam mengelola anggaran belanja iklan. Bahkan penggunaan kanal ini jauh lebih efektif dibandingkan beriklan di televisi atau media lain. 

"Kami bisa menargetkan audiens yang kami mau. Ini mengefektifkan pengeluaran iklan. Video iklan untuk TV kami convert jadi untuk mobile. Message pun bisa lebih dapet. Itu tahun lalu sudah kami coba di bulan Ramadan untuk mendorong message apa yang dibutuhkan konsumen dari online shopping," lanjut Achmad. 

Selama bulan Ramadan, menurut survei internal Facebook, pengguna memang cenderung lebih banyak menggunakan gadget ketimbang hari biasa. Bahkan secara spesifik terjadi juga peningkatan durasi menonton video yakni lebih dari 70 persen selama Ramadan ketimbang hari biasa. 

Oleh karena itulah Facebook kemudian mendorong para pengiklan untuk mengkomunikasikan promosi-promosinya melalui konten video di Facebook dan Instagram Stories.

(***) 


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Durasi Video di Instagram Akan Jadi Satu Jam?

Saat ini Instagram kembali hadir dengan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah video dengan durasi hingga satu jam.  Memang belum teralisasi, namun langkah ini tampaknya me ...

Ingin Khatam Alquran Selama Ramadan? Ini 3 Aplikasi yang Wajib Dimiliki

Mengaji adalah cara terbaik agar hati dan pikiran menjadi tenang, apalagi di bulan yang penuh berkah banyak umat Islam berlomba-lomba dalam mencari pahala. Acapkali banyak pula yang masih belum bisa m ...

Bantu Tunanetra, Google Bangun Aplikasi Pemandu Jalan

Google tengah mengembangkan aplikasi yang dapat membantu tunanetra untuk hidup lebih mandiri. Raksasa teknologi ini mengatakan bahwa aplikasi bernama Lookout tersebut bakal dirilis pada tahun ini. ...

Instagram Stories Bakal Diramaikan Fitur Musik?

Instagram dikabarkan tengah menguji coba fitur baru. Fitur yang dimaksud memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik ke Stories. Kendati begitu, belum jelas musik di Instagram Stories akan ditamp ...

Hampir Terwujud, Melakukan Panggilan Telepon Hanya dengan Kuku

Semasa kecil mungkn kamu pernah bermain berpura-pura menelfon dengan menggunakan peraga tangan kamu dengan meluruskan ibu jari dan kelingking sementara jari lainnya tertekuk. Hingga kini mungkin juga ...

Whatsapp Kian Terbatas, Pengguna di Bawah 16 Tahun akan Kena Blokir

Whatsapp akan menaikkan batas usia minimum penggunanya dari 13 tahun menjadi 16 tahun. Batas usia minimum ini akan diterapkan di Eropa. Perubahan batas usia dilakukan untuk mematuhi aturan privasi dat ...

Apple Dongkrak Pendapatan Lewat Konten Berbayar Apple News

Apple Inc akan mengintegrasikan aplikasi majalah Texture ke dalam Apple News yang akan mereka luncurkan sebagai layanan berita berlangganan premium. Hal itu diharap dapat menambah pendapatan Apple dar ...

Keren, TCASH Luncurkan Aplikasi Baru dengan 3 Fitur Seru!

Mengusung fitur unggulan terbaru membuat para pengguna Telkomsel yang setia menggunakan aplikasi TCASH dalam melakukan transaksi keuangan tanpa harus membawa uang cash. Aplikasi ini berupa TCASH Wa ...

Data Pengguna Bocor, Bagaimana Cara Cek Keamanan Akun Facebook Kita?

Data pengguna Facebook bocor. Di Amerika Serikat, sebanyak 87 juta data pengguna akun Facebook bocor ke konsultan politik Cambdridge Analytica. Di Indonesia, diperkirakan jumlah akun yang bocor mencap ...

Mahasiswi ITS Ciptakan Komunikasi Satelit untuk Bantuk Nelayan

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki tantangan untuk mampu memanfaatkan sumber daya kelautan untuk kesejahteraan masyarakat. Itu sebabnya berbagai inovasi kebijakan maupun teknologi diciptakan ...