Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Keunikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Binaan Telkom di Banten


0

RKB Tigaraksa Telkom

Diawali dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rumah Kreatif BUMN (RKB) mempunyai misi untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang focus untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Rumah Kreatif BUMN (RKB) akan menjadi tempat berkumpul dan belajar untuk membina para pelaku UKM menjadi pelaku UKM Indonesia yang lebih berkualitas. Dan Telkom menjadi salah satu BUMN yang aktif mengembangkan Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Titik Rumah Kreatif BUMN (RKB) Telkom daerah Jabodetabek-Jabar pertama adalah di daerah Banten, Serang. Dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) ketiga yang dimiliki Telkom secara Nasional.

Rumah Kreatif BUMN (RKB) Telkom di kawasan Tigaraksa Banten mendampingi dan mendorong para pelaku UKM untuk menjawab tantangan yang paling utama pengembangan usaha UKM yaitu peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran dan mendapat kemudahan akses permodalan.

Syarat Yang Harus Dilakukan

“Lika-liku pembangunan RKB Tigaraksa ini cukup rumit,” kata GM Witel Telkom Banten Muskab Muzakkar kepada IndoTelko belum lama ini. 

Dikatakannya, Telkom harus mengubah lokasi RKB yang memang syaratnya harus di kantor yang eksisting. “Tidak boleh membangun lokasi baru.  Arahnya ke efektifitas. Jadi bagaimana kantor-kantor yang dimiliki BUMN ini, kalau ada yang belum maksimal, itu dimaksimalkan,” tambahnya.

Dijelaskan Muskab, kriteria lokasinya harus di sekitar kabupaten, dan di sekitar lokasi harus banyak UMKM yang bisa dimaksimalkan. “Setelah kita cek, Banten memberanikan diri membuka RKB di kawasan Tiga Raksa. Jadi itu lokasi bekas MDM (Mobile Device Management),” terangnya.

Menurut Muskab, Telkom Banten memiliki semangat untuk membangun RKB tersebut. Keberadaan lokasi yang cukup luas, strategis, dan punya potensi untuk dikembangkan. “Kami menyulap taman-taman yang tidak terawat menjadi tempat tongkrongan anak-anak muda dan pengguna Wifi di WiFi Corner dan taman digital.”

Keunikan RKB Telkom menurutnya, selain RKB nya sendiri yang dibangun oleh mitra anak perusahaan Telkom DBS, Telkom Banten juga membangun Taman Digital yang disupport divisi marketing. “Di sana ada ada bekas ruangan Flexi yang kami bangun dan peruntukkan sebagai mushola,” tambahnya.

Titik Pengguna Internet

Taman Digital

Keberadaan Taman Digital dan Wifi Cornernya membuat kawasan ini beroperasi 24 jam, termasuk penyediaan voucher di Pos Securty bagi pengguna wifi yang membutuhkan voucher internet. “Awalnya gelap gulita, sekarang terang. Bahkan sekarang kalau malam itu selalu ramai di tempati anak-anak,” ujar Muskab. “Akses internet yang kami sediakan hingga kecepatan sampai 100 Mbps. Bisa jadi ini RKB yang paling komplet,” jelasnya.

RKB Tigaraksa memiliki personal in charge (PIC) sendiri yang bertugas mengelola RKB. “Mereka harus mengkonslolidasikan UMKM yang ada, membuat jadwal-jadwal yang ada untuk bisa melaksanakan event di sana, juga menfasilitasi dan menjembatani kebutuhan UMKM,” tegasnya.

Muskab mencontohkan, keberadaan pengrajin tas.  Mereka bisa mencari siapa pakar tas, siapa pakar marketingnya, diundang ke sana untuk berbagi ilmu. 

“RKB itu memang disiapkan untuk itu. Ada ruangan kelas, ada ruangan komputer, ada ruangan konsultasi. Itu semua sudha disiapkan. Ada juga display produk,” paparnya lagi.

Alhasil para UMKM yang tergabung dalam RKB saat ini memiliki pasaran tak hanya di sekitaran Banten bahkan sudah nasional dan juga mendunia lewat penjualan online via toko online milik Telkom, BLANJA.com

Keberadaan Taman Digital dan Wifi Cornernya membuat kawasan ini beroperasi 24 jam, termasuk penyediaan voucher di Pos Securty bagi pengguna wifi yang membutuhkan voucher internet. “Awalnya gelap gulita, sekarang terang.  Bahkan sekarang kalau malam itu selalu ramai di tempati anak-anak,” ujar Muskab. “Akses internet yang kami sediakan hingga kecepatan sampai 100 Mbps. Bisa jadi ini RKB yang paling komplet,” jelasnya.

RKB Tigaraksa memiliki personal in charge (PIC) sendiri yang bertugas mengelola RKB. “Mereka harus mengkonslolidasikan UMKM yang ada, membuat jadwal-jadwal yang ada untuk bisa melaksanakan event di sana, juga menfasilitasi dan menjembatani kebutuhan UMKM,” tegasnya.

Sumber: IndoTelko


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Telkom dan Cisco Mendukung Transformasi Digital BUMN

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Cisco International Limited (Cisco) sepakat untuk mendukung transformasi digital BUMN. Kesepakatan dua perusahaan tersebut dituangkan dalam Nota kesepaha ...

Telkom Kembali Raih Predikat Perusahaan Idaman Berkarir di Asia

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai Best Company to Work for in Asia 2018. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management ...

Telkom Craft Indonesia 2018 Cetak Transaksi Hingga Rp 20,1 Miliar

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan bahwa Telkom Craft Indonesia 2018 mengusung kembali tema tahun sebelumnya, yaitu “Local Heroes to Global Champions", dengan maksud agar UKM Indon ...

Telkom Bawa "Batik Gobang" Kian Mendunia

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berhasil membawa salah astu mitranya yang berada di bawah naungan Rumah Kreatif BUMN (RKB), Ethys Mayoshi, Go Global dengan produk "Batik Gobang. Batik ...

Telkom Cetak Laba Bersih Rp 22,14 Triliun pada 2017

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) alias Telkom membukukan laba bersih sebesar Rp 22,14 triliun pada tahun lalu. Pencapaian tersebut naik 14,43% dibandingkan dengan laba 2016 yakni Rp 19,35 triliu ...

Telkom Indonesia Berikan Layanan Wifi Gratis di Kota Ambon

PT Telkom Indonesia memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Ambon berupa layanan wifi gratis di sembilan lokasi se-Kota Ambon. Hal tersebut merupakan support terhadap pemerintah untuk merealisasika ...

Telkom Tawarkan Xsight Untuk Solusi Pengolahan Big Data

Tren penggunaan big data untuk pengambilan keputusan sudah banyak dilakukan sejumlah perusahan. Salah satu yang melihat tren tersebut adalah Telkom yang kini menghadirkan solusi pengolahan data bernam ...

Telkom Hadirkan DiLo untuk Para Atlet

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merealisasikan niatnya untuk menghadirkan Digital Innovation Lounge (DILo) sebagai Sentra Kreativitas Pemuda di Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). ...

Kimia Farma Perkuat Sinergi dengan Telkom

Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) yang sangat pesat menuntut korporasi untuk terus beradaptasi guna membangun bisnis yang sustainable. Sejalan dengan hal tersebut, PT Kimia F ...

Mengintip Rencana Aksi Besar Telkom di 2018

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) terus membangun ekosistem digital. Hal ini merupakan langkah transformasi dari perusahaan telekomunikasi menjadi digital telco company. Upaya membangun ekosistem ...