Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Telkom Perkenalkan WiFi Corner 2.0: Warnet Zaman Now!


0

Kehadiran warnet menjadi ruang yang sangat berguna serta wajib ada di setiap kota, karena kendatinya saat ini warnet sudah meredup, namun tidak bisa dipungkiri dengan adanya kehidupan di era digital saat ini internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat umum untuk berselancar di dunia maya.

Mengingat daya tarik berbisnis warnet di Indonesia kian meredup, sementara zaman terus bergulir hingga era digital sudah semakin berkembang pesat. Namun, kini Telkom kembali hadir dengan inovasi berkonsep warnet zaman now, konsep tersebut diangkat dari kisah warnet sebelumnya, dan saat ini Telkom merubah gaya warnet terdahulu menjadi lebih kekinian.

Apakah itu warnet zaman now atau warnet kekinian? Ya, produk ini dinamakan  WiFi Corner 2.0, merupakan konsep baru warung internet digital.

wallpost_wico

Gambar: SmartBisnis

WiFi.id Corner 2.0 atau disebut WiCo, ialah sebuah wujud warnet zaman now merupakan transformasi dari perkembangan zaman di era digital yang sudah berkembang pesat hingga para UMKM pun sangat memerlukan adanya koneksi internet disetiap inisiatif usahanya.

Dalam rangka meningkatkan penetrasi internet broadband keseluruh wilayah Indonesia, khususnya dalam pemberdayaan pelaku UMKM.

Hari ini PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengadakan launching produk terbarunya layanan WiCo 2.0 secara resmi dan diluncurkan oleh Menteri Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan di SME Tower, SMESCO, Jakarta, Kamis, 28 Desember 2017.

bFoto: Imron Nurfalah/SmartBisnis

Mempersembahkan sekaligus memperkenalkan layanan internet WiFi unggulan berbasis jaringan fiber optik, yakni WiFi Corner 2.0 (WiCo 2.0). Acara launching WiCo 2.0 ini juga dihadiri oleh komunitas UMKM yang ke depannya diharapkan dapat menjadi mitra WiCo.

"WiCo 2.0 ini merupakan salah satu bentuk partisipatif aktif Telkom dalam mengembangkan kewirausahaan Indonesia serta mencetak pejuang UMKM yang mandiri dan berkontribusi nyata bagi kemajuan perekonomian bangsa." Ucap Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan saat pembukaan acara tersebut.

WiCo 2.0 merupakan salah satu upaya Telkom dalam mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun kemajuan dan kemandirian ekonomi Indonesia.

“WiCo 2.0 merupakan sejarah baru bagi pelaku UMKM di Indonesia, dimana Telkom membuka kesempatan untuk memasuki bisnis digital di era modern. Melalui WiCo 2.0, pemilik bisnis warnet konvensional dapat meremajakan kembali bisnisnya. Sedangkan bagi kalangan rumah tangga pemilik usaha mikro, terbuka peluang untuk memasuki bisnis digital dengan sangat mudah. Kita aplikasikan pola bagi hasil untuk pemilik usaha WiCo 2.0” tutur Dian.

Para UMKM ini berperan menyediakan tempat dan penjualan voucher WiFi.id kepada pengguna internet di lokasi tersebut, ini lebih kepada penyewaan sinyal WiFi yang difasilitasi Telkom melalui WiFi Corner 2.0 (WiCo 2.0).

Mengangkat konsep warung internet digital, warnet zaman now buatan Telkom ini bertujuan untuk memberdayakan pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya.

Berbasis jaringan fiber optik bernama WiFi Corner 2.0 (WiCo 2.0) pelaku bisnis sudah dapat menikmati Wi.Fi unlimited up to 100Mbps, serta WiCo 2.0 adalah layanan WiFi.id untuk publik yang diselenggarakan oleh Telkom bekerjasama dengan mitra dari kalangan pelaku UKM yang berperan menyediakan lokasi dan melakukan penjualan voucher WiFi.id kepada pengguna internet untuk digunakan di tempat tersebut.

gFoto: Imron Nurfalah/SmartBisnis 

Telkom juga berhasil membuka lahan usaha bagi kalangan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan mereka, maka dengan adanya WiCo 2.0 Telkom bermaksud memperluas jangkauan penggelaran WiFi.id Corner dengan melibatkan peran serta pelaku UMKM untuk menjalankan bisnsi Warnet 2.0 yang berkonsepkan bisnis warnet dengan mengadopsi fenomena WiFi Everywhere dan Bring Your Own Device (BYOD).

Melalui kehadiran WiCo 2.0, pelaku UKM dapat mengembangkan peluang bisnis baru dengan mudah melalui penjualan voucher WiFi.id secara digital dengan skema bagi hasil 50:50. Usaha WiCo 2.0 sangat cocok dilakukan oleh kaum perempuan sebagai usaha rumahan, sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

Proses pendaftaran dan pengelolaan layanan WiCo 2.0 seluruhnya telah dilakukan secara digital melalui mobile Apps yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store dengan nama aplikasi “MyWiCo”.

“Hadirnya WiCo 2.0 melalui aplikasi digital diharapkan dapat memudahkan para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Inovasi ini juga diharapkan dapat turut mempercepat peningkatan daya saing bangsa Indonesia agar sejajar dengan bangsa lain,” ungkap Dian Rachmawan.

Telkom menerapkan sistem bagi hasil dari tarif yang diberikan si pemilik warnet zaman now tersebut. Mereka diperbolehkan meningkatkan tarifnya kepada pengguna.

iFoto: Imron Nurfalah/SmartBisnis  

"Dari kami kepada pemilik WiCo 2.0 itu Rp 3.500. Mereka bisa menaikkan tarifnya kepada pelanggan, kita nggak larang. Dari Rp 3.500 itu bagi hasil, 50:50 yang artinya modal hanya Rp 1.750 selama dua jam untuk satu pelanggan," jelasnya.

Dengan metamorfosis konsep bisnis warnet ini, Telkom berharap tak hanya dapat memudahkan para pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya, tetapi juga turut mempercepat penyebaran akses internet kepada seluruh lapisan masyarakat.(inf)

(***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

  


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Telkom dan Cisco Mendukung Transformasi Digital BUMN

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Cisco International Limited (Cisco) sepakat untuk mendukung transformasi digital BUMN. Kesepakatan dua perusahaan tersebut dituangkan dalam Nota kesepaha ...

Telkom Kembali Raih Predikat Perusahaan Idaman Berkarir di Asia

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai Best Company to Work for in Asia 2018. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management ...

Telkom Craft Indonesia 2018 Cetak Transaksi Hingga Rp 20,1 Miliar

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan bahwa Telkom Craft Indonesia 2018 mengusung kembali tema tahun sebelumnya, yaitu “Local Heroes to Global Champions", dengan maksud agar UKM Indon ...

Telkom Bawa "Batik Gobang" Kian Mendunia

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berhasil membawa salah astu mitranya yang berada di bawah naungan Rumah Kreatif BUMN (RKB), Ethys Mayoshi, Go Global dengan produk "Batik Gobang. Batik ...

Telkom Cetak Laba Bersih Rp 22,14 Triliun pada 2017

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) alias Telkom membukukan laba bersih sebesar Rp 22,14 triliun pada tahun lalu. Pencapaian tersebut naik 14,43% dibandingkan dengan laba 2016 yakni Rp 19,35 triliu ...

Telkom Indonesia Berikan Layanan Wifi Gratis di Kota Ambon

PT Telkom Indonesia memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Ambon berupa layanan wifi gratis di sembilan lokasi se-Kota Ambon. Hal tersebut merupakan support terhadap pemerintah untuk merealisasika ...

Telkom Tawarkan Xsight Untuk Solusi Pengolahan Big Data

Tren penggunaan big data untuk pengambilan keputusan sudah banyak dilakukan sejumlah perusahan. Salah satu yang melihat tren tersebut adalah Telkom yang kini menghadirkan solusi pengolahan data bernam ...

Telkom Hadirkan DiLo untuk Para Atlet

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merealisasikan niatnya untuk menghadirkan Digital Innovation Lounge (DILo) sebagai Sentra Kreativitas Pemuda di Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). ...

Kimia Farma Perkuat Sinergi dengan Telkom

Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) yang sangat pesat menuntut korporasi untuk terus beradaptasi guna membangun bisnis yang sustainable. Sejalan dengan hal tersebut, PT Kimia F ...

Mengintip Rencana Aksi Besar Telkom di 2018

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) terus membangun ekosistem digital. Hal ini merupakan langkah transformasi dari perusahaan telekomunikasi menjadi digital telco company. Upaya membangun ekosistem ...