Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Tips Mengemas Oleh-oleh ala SmartBisnis


0

Lebaran sudah usai, dan waktunya pulang ke kota masing-masing. Sewaktu pulang dari kampung halaman, tak jarang kamu membawa koper berat yang berisikan oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

Ya, oleh-oleh memang telah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia. Menjadi tak sampai hati bila pulang mudik tanpa membawa buah tangan.

Biar mudik tetap nikmat tanpa perlu kesulitan membawa oleh-oleh, baiknya kamu perhatikan sejumlah kiat berikut ini:

1. Bungkus ala kadar

Jika kita membawa oleh-oleh sebagai kado untuk teman atau kerabat, lebih baik jangan dulu dibungkus rapi. Sebab, di beberapa bandara, tak jarang petugas membuka bungkusan tersebut saat pemeriksaan keamanan. 

Terlebih lagi, dewasa ini terjadi sejumlah kasus gangguan keamanan di Tanah Air dan membuat pemeriksaan penumpang serta barang bawaannya menjadi lebih ketat. 

Karena itulah, alangkah baiknya membungkus oleh-oleh ketika sudah sampai di tujuan. Untuk sementara bungkuslah ala kadarnya, bisa menggunakan kertas atau plastik. 

2. Siapkan bubble wrap untuk pelapis 

Apabila kamu membawa oleh-oleh berupa barang pecah belah seperti vas atau piring keramik, ada cara khusus yang untuk mengemasnya. 

Bungkuslah barang tersebut menggunakan plastik gelembung (bubble wrap), kemudian selipkan di antara pakaian dalam koper.

Sebisa mungkin pastikan seluruh bagian benda pecah belah tersebut tertutup pakaian, baik di bagian atas, bawah, kiri, dan kanan. 

3. Jangan sampai oleh-oleh musnah 

Tatkala membawa oleh-oleh berupa barang berharga, sebaiknya hindarkan menyimpannya di dalam bagasi, terlebih kalau oleh-olehmu itu barang pecah belah. Bawalah benda tersebut di dalam kabin.

Namun, apabila ukuran barangnya cukup besar, bawalah satu tas khusus untuk disimpan di bawah kursi pesawat. Hal tersebut paling tidak bisa meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kehilangan.

4. Perhatikan, ada barang wajib bagasi

Bila sebelumnya kamu disarankan menyimpan barang berharga dalam kabin maka ada pula oleh-oleh yang justru sebaliknya. 

Terdapat sejumlah barang yang dilarang masuk kabin, misalnya mainan berbentuk mirip senjata, cairan lebih dari 100 mililiter, serta benda-benda tajam.

Apabila kamu membawa oleh-oleh seperti jenis di atas, mau tak mau kamu mesti memasukkannya ke dalam bagasi.

Sip, sekarang Sobiz sudah siap pulang dari mudik dengan membawa oleh-oleh yang banyak! (akw)

(***) 

Penulis: Ajeng Kusuma Wardhani


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar