Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Whatsapp Kian Terbatas, Pengguna di Bawah 16 Tahun akan Kena Blokir


0

Whatsapp akan menaikkan batas usia minimum penggunanya dari 13 tahun menjadi 16 tahun. Batas usia minimum ini akan diterapkan di Eropa. Perubahan batas usia dilakukan untuk mematuhi aturan privasi data baru yang mulai berlaku bulan depan.

Mengapa Eropa? Ini karena Uni Eropa menerapkan aturan privasi data baru pada 25 Mei mendatang. Dan aturan baru ini membuat WhatsApp bergerak cepat dengan memperbarui kebijakan privasinya, salah satunya usia minimal tersebut.

Jadi, saat nanti ada penggunanya di Eropa yang login ke dalam aplikasi, mereka akan ditanya usianya pada lama persetujuan term of service (TOS), lengkap dengan kebijakan privasi WhatsApp yang sudah diperbarui.

Selain soal usia minimal, WhatsApp kini juga membolehkan penggunanya untuk mengunduh kopi data-data mereka yang ada di aplikasi milik Facebook tersebut, seperti kontak dan nomor-nomor yang sudah diblokir sebelumnya.

WhatsApp yang memiliki 1,5 miliar pengguna pada Januari mengatakan, tidak meminta hak baru mengumpulkan informasi pribadi dalam perjanjian baru untuk Uni Eropa.

"Tujuan kami hanya menjelaskan bagaimana menggunakan dan melindungi informasi terbatas yang dimiliki tentang Anda," katanya, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (25/4/2018).

Batas minimum baru yang diterapkan WhatsApp di Eropa, tampaknya tidak akan berdampak ke negara lain. WhatsApp tetap menetapkan usia minimum di seluruh dunia 13 tahun.

WhatsApp yang didirikan pada 2009 mendapat tekanan dari beberapa pemerintah Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Akar permasalahan itu timbul karena sistem pesan terenkripsi end-to-end dan rencananya berbagi data dengan induknya, Facebook. (inf)

(***) 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar